Berita

Ziarah ke Makam Pahlawan Nasional Tengku Amir Hamzah, Bang Fauzi dan PSI Sumut Harap Pemerintah Perhatian Atas Perawatan Kawasan Bersejarah

#bangfauzi, Langkat.

Kabupaten Langkat, di Sumatera Utara merupakan satu daerah yang memiliki bukti peninggalan sejarah dalam membangun peradaban bangsa. Salah satunya adalah Masjid Azizi Kesultanan Langkat di Tanjung Pura, yang disekitarnya terdapat makam pahlawan nasional Tengku Amir Hamzah.

Bersama rombongan DPW Partai Solidaritas Indonesia Sumatera Utara (PSI Sumut), Bang Fauzi melakukan ziarah ke makam Tengku Amir Hamzah, Jumat 17/9/2021. Menurut Bang Fauzi, kegiatan yang dilakukannya bersama pengurus DPW PSI Sumut merupakan kegiatan biasa yang setiap orang dapat melakukan. Tetapi, meskipun begitu Bang Fauzi mengatakan bahwa kesempatan untuk melakukan kegiatan ziarah ke makam pahlawan nasional Tengku Amir Hamzah tidak bisa dimiliki oleh setiap orang.

“Kegiatan ziarah ini bisa dilakukan semua orang, semua Partai Politik, namun, waktu dan kesempatan yang kadang tidak semua orang atau Partai Politik memiliki. Jadi kesempatan berziarah yang bisa kami lakukan pada hari ini merupakan kesempatan yang baik yang patut kami syukuri untuk dapat mengambil hikmah dari sejarah perjuangan yang dilakukan oleh Tengku Amir Hamzah, saat itu,” kata Bang Fauzi yang juga merupakan wakil ketua DPW PSI Sumut.

Bersama Ketua DPW PSI Sumut, HM Nezar Djoeli, Bang Fauzi berharap bahwa kawasan bersejarah masjid Azizi yang disekitarnya ada makam pahlawan nasional Tengku Amir Hamzah ini bisa mendapatkan perhatian prioritas dari pemerintah setempat.

“Pemerintah kabupaten Langkat dan pemerintah provinsi Sumatera Utara, sepatutnya memperhatikan baik-baik keadaan bangunan masjid Azizi yang bernilai sejarah juga makam pahlawan nasional Tengku Amir Hamzah ini. Sudah pas, jika secara rutin setiap tahun anggaran, pemerintah kabupaten Langkat mengalokasikan dana rutin perawatan gedung masjid Azizi dan kawasan sekitarnya, pada APBD. Melalui Gubernur Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, kami pikir bisa melakukan hal yang lebih besar lagi, seperti menata kawasan ini dengan kerjasama dengan kerapatan adat kesultanan Langkat sehingga kawasan bersejarah ini semakin lebih baik, terpelihara apa yang dimiliki dan bisa menjadi pelajaran buat generasi muda,” kata Bang Fauzi.

´┐╝Kegiatan berziarah Bang Fauzi dan DPW PSI Sumut yang berlangsung dengan khidmat dilanjutkan dengan melihat kawasan masjid Azizi dan selanjutnya pembagian Rice Box PSI yang menurut informasi dari DPD PSI Kabupaten Langkat akan dilakukan di kecamatan Tanjung Pura desa Pd Cermin. (*)

To Top