Sumut

Wagub Berharap Bank Sumut Prioritaskan Spin Off Jadi Badan Umum Syariah

Bangfauzi.com – PT Bank Sumut yang merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi Sumatera Utara diharapkan untuk memprioritaskan proses tahapan spin off unit usaha syariah (UUS) menjadi badan umum syariah (BUS). Harapan ini pun dilontarkan Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah, baru-baru ini.

Himbauan dari Wagub Sumut ini tak lain agar perbankan syariah semakin berkembang di daerah ini.

“Saat ini perbankan syariah kita di Bank Sumut masih berbentuk unit usaha. Saya harap semoga Bank Sumut bisa mempunyai bank syariah yang berdiri sendiri dengan aset besar dan mendukung program umat Islam di Sumut, bahkan Indonesia,” ungkap Musa Rajekshah.

Menurut Wagub, perbankan syariah berbeda dengan perbankan konvensional yang tidak menerapkan system syariah. Saat ini, perkembangan perbankan syariah sangat pesat, bahkan tidak hanya digunakan oleh negara-negara Islam, tetapi juga negara-negara di Eropa.

Terpisah, sebelumnya Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional 5 Sumatera Bagian Utara, Yusuf Ansori mengatakan, perseroan membutuhkan ketahanan modal yang mumpuni agar semakin ekspansif.

Adapun, Bank Sumut memiliki rasio modal sebesar 17,85% yang masih di bawah bank pembangunan daerah lainnya dengan rasio modal sebesar 22,8%.

Aspek kecukupan modal sangat penting karena perseroan berencana melakukan pemisahan unit usaha syariah menjadi bank syariah. Untuk merealisasikan rencana ini, dia menyebut perlu modal Rp500 miliar.

Di sisi lain, digitalisasi layanan akan menjadi kunci persaingan bisnis bank ke depan. Perseroan, katanya, perlu meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) agar bisa melahirkan produk berbasis teknologi.

“Untuk melakukan proses spin off tersebut dibutuhkan penempatan modal minimal Rp500 miliar. Oleh karena itu kami mengharapkan kepada seluruh pemegang saham agar dapat membantu Bank Sumut dalam meningkatkan kapasitas permodalan,” katanya.

To Top