Home

Bang Fauzi Dambakan Binjai Kota Layak Huni, Ada Ruang Publik

Bangfauzi.com – Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Kota Binjai Muhri Fauzi Hafiz memiliki keinginan mewujudkan daerah yang berjuluk “Kota Rambutan”, menjadi daerah layak huni.

“Siapa yang tidak mendambakan tinggal di kota layak huni (livable city)? Selain bisa menikmati kenyamanan, penduduk yang tinggal di dalamnya tentu mendapat berbagai kemudahan yang lebih daripada di kota-kota lain”,ujar Muhri Fauzi Hafiz, saat bincang-bincang ringan dengan kaum milineal, Sabtu (10/08/2019).

Putra daerah, yang kini menjabat Ketua Komisi A DPRD Sumut ini, menyebutkan untuk menjadi Binjai sebagai Kota Layak Huni, tentunya harus memenuhi sejumlah indikator. “Ketersediaan kebutuhan dasar seperti perumahan, air bersih, jaringan listrik, dan sanitasi. Tentu saja kebutuhan transpor tasi dan fasilitas kesehatan juga terpenuhi”, ujarnya.

Goal Kota Layak Huni itu, menurutnya, tercapainya kesejahteraan rakyat, karena semua kebutuhan telah tercukupi. Hal ini sejalan dengan visi dan misi Pemerintah Provinsi Sumut, yang merupakan perpanjangan pemerintah pusat, yakni “Membangun Desa Menata Kota”.

“Untuk dapat menjadi suatu kota yang layak huni, tentu dapat dilihat dari berbagai aspek fisik yang menyiapkan beragam fasilitas seperti infrastruktur, perencanaan, hubungan sosial, kegiatan ekonomi. Selain itu, nantinya tidak ada lagi warga yang bekerja di luar daerah”, ujarnya.

Faktor lainnya, selain persoalan kemacetan lalulintas, juga sarana pendukung yang tersebar secara merata.

“Namun keinginan ini tidak akan terwujud, tanpa adanya partisipasi masyarakat dalam pembangunan, termasuk dukungan fungsi ekonomi, sosial, budaya, serta kualitas lingkungan itu sendiri”,terangnya.

Tidak kalah penting lagi, sambungnya, bagaimana adanya ruang publik sebagai wadah berinteraksi antar komunitas, agar tetap nyaman. “Faktor tersebut sangat memengaruhi keamanan dan keselamatan anggota masyarakat yang tinggal di dalamnya”, ujarnya.(***)

To Top