Home

Kemenristekdikti Sayangkan Rendahnya Tingkat Inovasi, Salah Siapa?

Bangfauzi.com – Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi ( Kemenristekdikti) menyoroti rendahnya tingkat inovasi di Indonesia. Kemenristekdikti meminta pemerintah daerah (Pemda) menguatkan peran inovasi dalam program pembangunan.

Dirjen Penguatan Inovasi Kemenristekdikti, Jumain Appe menyebut dari data yang diperolehnya Indonesia berada di peringkat 36 dalam indeks daya saing dan peringkat 85 dalam indeks inovasi global. Ia menilai perlu ada upaya drastis untuk mendorong inovasi sekaligus penggunaannya hingga ke daerah.

“Perlu usaha besar untuk jadikan bangsa kita maju dan mandiri. Pemda sekarang jadi ujung tombak pembangunan ke depan,” katanya pada wartawan dalam Penjurian Anugerah Iptek 2019 bagi Pemerintah Provinsi, Senin (29/7).

Ia menyayangkan Indonesia yang belum mampu meningkatkan inovasi di tengah kekayaan alam dan hayatinya. Ia mencontohkan Korea Selatan dan Singapura mampu menjadi negara maju karena penggunaan inovasinya.

“Negara bisa maju meski enggak punya SDM cukup,mereka bisa maju misal Korsel, Singapura. Pemerintah sudah tetapkan pembangunan ke depan harus bertumpu pada iptek dan inovasi,” ujarnya seperti yang dikutip dari Republika.co.id.

Jumain memandang penguatan inovasi dapat menuntaskan permasalahan bangsa. Sebab inovasi bakal melahirkan solusi-solusi baru. Kemudian tujuannya agar Indonesia menjadi negara kuat dan mandiri. Secara khusus, ia meminta Pemda melaksanakan penguatan sekaligus penerapan inovasi.

“Inovasi jadi referensi kita membangun daerah. Tentu perlu persyaratan agar dapatkan iptek dan inovasi dengan baik. Berbagai stakeholders harus berperan dalam hal ini, yaitu triple helix (akademisi, dunia usaha, pemerintah),” ucapnya.

To Top