DPRD Sumut

5 Daerah Baru Masuk Daerah Otonom Baru

Bangfauzi.com – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara sudah mengusulkan pembentukan 5 Calon Daerah Otonom Baru ke Pemerintah Pusat. Terdiri dari 3 usulan pembentukan provinsi, 2 usulan pembentukan kabupaten.

Hal ini terungkap dalam Rapat Dengar Pendapat Sekretaris Daerah Pemprov Sumut, Biro Otda dan Kerjasama Daerah bersama Komisi A DPRD Sumatera Utara, Rabu(10/7/2019) di Medan.

Menurut ketua komisi A DPRD Sumut Muhri Fauzi Hafiz, lima daerah otonom baru yg di usulkan pemprovsu ke pusat ternyata sudah disetujui pembentukannya masing2 berdasarkan
1. Surat Presiden RI Nomor R-66/PRES/12/2013 Tanggal 23 Desember 2013, Perihal 65 Rancangan undang-undang Tentang Pembentukan Provinsi/Kabupaten/Kota termasuk didalamnya Rencana Pembentukan Daerah Otonom Baru di Provinsi Sumatera Utara Yakni:
1) RUU Tentang Pembentukan Provinsi Tapanuli
2) RUU Tentang Pembentukan Provinsi Kepulauan Nias
3) RUU Tentang Pembentukan Kabupaten Simalungun Hataran
4) RUU Tentang Pembentukan Kabupaten Pantai Barat Mandailing

2. Surat Presiden RI Nomor R-13/PRESS/02/2014 Tanggal 27 Februari 2014 Perihal 22 Rancangan Undang-Undang Tentang Pembentukan Provinsi/Kabupaten/Kota Termasuk Didalamnya Rencana Pembentukan Daerah Otonom Baru di Provinsi Sumatera Utara yakni RUU Tentang Pembentukan Provinsi Sumatera Tenggara.

Maka saat ini untuk masyarakat yg berada di 5 calon daerah otonom baru ini tetap bersabar karena masih menunggu moratorium yang sedang berproses untuk diputuskan oleh Presiden Jokowi.

Muhri fauzi hafiz juga menambahkan sejauh ini memang, pemerintah pusat masih menunda sementara waktu proses usulan pembentukan daerah otonom baru, kelima DOB ini memiliki peluang yang sama karena sudah dalam bentuk RUU.

To Top