Berita

DPRD Sumut Minta Galian C Tak Berizin di Kawasan Bahorok Distop

BANGFAUZI.COM – Anggota DPRD Sumatera Utara dari Fraksi Partai Demokrat, Muhri Fauzi Hafiz meminta Kapolda Sumut dan pejabat terkait Pemprovsu segera menertibkan galian C tidak memiliki izin atau ilegal di kawasan Bahorok, Kabupaten Langkat. Sebab warga mengeluhkan terjadinya kerusakan lingkungan akibat galian C tersebut.

Hal itu disampaikan Muhri Fauzi Hafiz di sela-selasambutan kegiatan resesnya di Pulau Pisang Kecamatan Bahorok Kabupaten Langkat, Jum’at (16/12/2016).

Muhri Fauzi mengemukakan hal itu usai menerima keluhan masyarakat peduli lingkungan hidup di Bahorok, terkait maraknya galian C yang ditengarai tidak memiliki izin dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

“Kita akan segera sampaikan laporan warga ini ke Pemprovsu. Sedangkan kepada Kepolisian Daerah Sumatera Utara, kita minta agar segera turun menertibkannya,”tegas wakil rakyat asal pemilihan Kabupaten Langkat dan Kota Binjai ini.

Dalam pertemuan reses dengan warga yang berlangsung akrab tersebut, Muhri Fauzi menyambut keluhan disampaikan para konstituennya.

Anggota Komisi C DPRD Sumut ini berharap pihak pengelola galian C di Kecamatan Bahorok tersebut segera menghentikan aktifitasnya.

Sebab, lanjut dia, jika galian c disinyalir tanpa mengantongi izin tersebut, dikhawatirkan bisa mengganggu kualitas lingkungan hidup yang sudah nyaman dan asri di daerah tersebut.

”Sejauh ini memang perizinan pertambangan seperti galian C sudah menjadi kewenangan pemerintah provinsi, jadi aspirasi ini nanti akan saya teruskan kepada Gubernur Tengku Erry Nuradi untuk mengevaluasi perizinan yang dikeluarkan selama ini khususnya untuk daerah kecamatan Bahorok kabupaten Langkat,” katanya.

Kendaraan melintasi jalan rusak di sekitar Kecamatan Bohorok pada Selasa (13/9/2016) silam.

Muhri Fauzi mengaku, masyarakat khawatir dengan maraknya galian C ini bisa menimbulkan dampak yang buruk terhadap kelestarian alam yang dimiliki wilayah ini.

”Apalagi disini ada objek wisata Bukit Lawang yang terkenal dengan keasrian alam dan wisata sungai yang indah,” ujar Muhri .

Lebihlanjut dalam kegiatan resesnya bersama kelompok pelestarian alam dan lingkungan kecamatan Bahorok, Ijol, yang merupakan salah satu perwakilan masyarakat yang hadir berharap agar Pemprovsu peduli terhadap Kecamatan Bahorok.

Sebab dia mengaku, kawasan Bahorok kabarnya sudah menjadi kawasan strategis provinsi untuk wisata alam dan lingkungan hidup.

“Pak Muhri Fauzilah harapan kami, bantu dan perjuangkan aspirasi kami ini kepada pak Gubernur, agar peduli dan memperhatikan kawasan Bahorok sebagai kawasan wisata alam dan lingkungan hidup,”sebutnya.

To Top