Berita

Ulang Tahun Kaisar Jepang Akihito ke-83, Semoga Panjang Umur

BANGFAUZI.COM – Resepsi Hari Ulang Tahun (HUT) ke 83 Tenno Heika Kaisar Jepang Akihito, digelar dengan cukup hikmat di Kota Medan.

Peringatan itu digelar dengan undangan terbatas oleh Konsulat Jenderal Jepang di Medan.

HUT ke-83 Kaisar Akihito di Medan ditandai dengan toast antara Konjen Jepang Hirofumi Morikawa dengan Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Binsar Situmorang yang Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Tengku Erry Nuradi di di Hotel Grand Aston, Medan, Rabu (7/12/2016) malam.

Peringatan resepsi tahun bertepatan dengan berita duka yang terjadi di Provinsi Aceh usai diguncang gempa 6,5 skala richter.

Gempa itu menimbulkan korban jiwa 102 orang baik di Kabupaten Pidie Jaya, Pidie dan Bireun.

“Berita duka mengenai gempa bumi yang terjadi di Aceh subuh tadi, kami ingin menyampaikan duka cita dari lubuk hati yant paling dalam kepada para korban meninggal,” kata Hirofumi Morikawa dalam sambutannya.

Konjen Jepang Hirofumi Morikawa dan Binsar Situmorang saat melakukan tost bersama

Konjen Jepang Hirofumi Morikawa dan Binsar Situmorang saat melakukan tost bersama

Dia mendoakan kepada para korban yang menderita luka-luka dan kerugian materil dapat segera pulih kembali.

Acara resepsi ini dihadiri oleh anggota DPRD Sumut fraksi Demokrat Muhri Fauzi Hafiz, Ketua Inti Indra Wahidin, Ketua PSMTI Sumut Eddy Djuandi dan konsul negara sahabat.

Pada resepsi ini Konjen Jepang mempertunjukkan sejumlah panel gambar warisan dunia yang ada di Jepang di dekat pintu masuk.

Di Jepang sendiri terdapat 20 tempat yang terdaftar di UNESCO seperti gunung Fuji yang terkenal.

Ada juga pameran alat-alat kebudayaan khas Jepang seperti ‘Hina Nigyo (boneka-boneka bagi perempuan) atau ‘Ikebana’ (bunga) yang dirangkai sendiri oleh istri Konjen Jepang yang bernama Miyoko Morikawa.

Dia merupakan guru kelompok Sugetsu (salah satu kelompok besar Ikebana di Jepang).

Pada malam peringatan itu juga ditampilkan demonstrasi langsung membuat Sushi dengan tangan oleh koki Jepang asli, Keiichi Nakahara dari restoran Sushi-Tei.

Tak hanya itu dalam acara itu dihidangkan makanan khas Jepang seperti Sashimi, Onigiri, Tempura, Oden dan sebagainya.

Bahkan untuk Onigiri, didatangkan beras Jepang ‘Koshihikari’ yang beradal dari Niigata yang merupakan salah satu beras terenak di Jepang.

Semua hidangan istimwea itu bisa dinikmati oleh para undangan yang hadir.

To Top