Berita

PDAM Tirtanadi Harus Berbenah 

BANGFAUZI.COM – Tahun 2016, jajaran Direksi dan manajemen PDAM Tirtanadi harus berbenah untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat pengguna jasa air bersih. Sebab, seperti diberitakan sebelumnya bahwa pada tahun 2016 PDAM Tirtanadi mendapat prioritas perhatian yang nyata dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Pada tahun 2016 ini, sesuai peraturan menteri keuangan RI Nomor 31 tahun 2016 tentang tata cara penyelesaian piutang negara yang bersumber dari penerusan pinjaman luar negeri, rekening dana investasi pada perusahaan daerah air minum serta peraturan menteri dalam negeri nomor 48 tahun 2016 dalam rangka penyelesaian hutang perusahaan daerah air minum ke pemerintah pusat, diketahui bahwa pemerintah pusat menghapuskan hutang PDAM Tirtanadi sebesar Rp 185.120.553.000,-

Pada tahun yang sama juga pemerintah provinsi Sumatera Utara pada perubahan APBD tahun anggaran 2016 mengalokasikan penambahan penyertaan modal sebesar Rp 73.222.704.097,-.

Menurut anggota komisi C DPRD Sumatera Utara dari fraksi partai Demokrat, Muhri Fauzi Hafiz, dengan adanya penghapusan hutang dari pemerintah pusat dan dukungan penyertaan modal dari Pemprovsu, jajaran Direksi dan manajemen PDAM Tirtanadi harus bersyukur dengan tindak lanjutnya adalah peningkatan kualitas pelayanan akan kebutuhan air bersih bagi masyarakat pengguna jasa PDAM Tirtanadi.

“Saya berharap PDAM Tirtanadi melalui Direktur Utama dan jajarannya bisa terus berbenah ke arah yang lebih baik lagi. Jangan sepelekan perhatian pemerintah pusat dan daerah untuk membangun PDAM Tirtanadi,” ujar Muhri Fauzi Hafiz, kepada wartawan di Medan, Kamis, (1/12).

Hal itu, harus dibuktikan dengan semakin meningkatnya kepuasan masyarakat terhadap pelayanan dan akses jaringan air bersih PDAM Tirtanadi.

Kata Muhri, setiap hari Direktur Utama selaku pimpinan tertinggi di perusahaan harus mampu terus memotivasi jajaran manajemen agar memperhatikan keluhan pelanggan dan permohonan pasang baru jaringan PDAM Tirtanadi.

“Jika ada oknum kepala cabang dan staf yang bermain-main mengabaikan keluhan dan permohonan masyarakat, Saya minta kepada Direktur Utama agar menindak dengan tegas oknum tersebut,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama Muhri Fauzi Hafiz juga menambahkan, DPRD Sumatera Utara melalui komisi C sudah memberi target kepada PDAM Tirtanadi agar pada tahun 2018 yang akan datang sudah mampu memberikan kontribusi bagi peningkatan pendapatan asli daerah (PAD), sejalan juga dengan harapan Pemprovsu yang dituangkan dalam buku nota jawaban Gubernur Sumatera Utara atas pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD Sumatera Utara terhadap perubahan APBD tahun anggaran 2016. (mfh)

To Top