Berita

Agung Qosym dan Dina Anggraini Jadi Duta Bahasa Sumut 2016

BANGFAUZI.COM – Para finalis duta bahasa saling menunjukkan kebolehannya dalam acara puncak Pemilihan Duta Bahasa Sumatera Utara yang digelar oleh Balai Bahasa Sumatera Utara di Hotel Garuda Plaza Jalan Sisingamangaraja Medan, Sabtu (24/9) malam.

Dua duta bahasa terpilih dalam acara tersebut. Keduanya adalah Agung Qosym dari Universitas Sumatera Utara (USU) dan Dina Anggraini dari Universitas Prima Indonesia (UPI).

Sedangkan wakil satu diraih oleh Restu Anugerah Pratomo dari Universitas Negeri Medan (Unimed), dan Ayu Juwita dari Unimed.

Pemenang dibacakan langsung oleh Anggota DPRD Sumut, Muhri Fauzi Hafiz yang menjadi salah seorang juri dalam acara tersebut. Ia menyebutkan, tak mudah menentukkan duta bahasa tahun ini.

“Menentukan pemenang sangat rumit, saya hanya membacakan tapi ini keputusan dari lima juri yang hadir pada malam ini,” sebut Muhri Fauzi Hafiz kepada para peserta dan tamu yang hadir.

Dengan terpilihnya Agung dan Dina, maka keduanya akan mewakili Sumut dalam kontes duta bahasa nasional pada Oktober mendatang di Jakarta.

“Saya sangat mendukung kegiatan yang cukup positif ini, guna menjaga dan memartabatkan bahasa indonesia di kalangan pemuda,” ujar Muhri Fauzi

Menurutnya balai bahasa Sumatera utara sangat fokus terhadap pengembangan bahasa indonesia di masyarakat. “Semangat ini perlu didukung dengan lahirnya peraturan daerah tentang bahasa indonesia.

Para finalis berasal dari berbagai universitas di Sumatera Utara. Ada 20 finalis duta bahasa tahun ini.

USU mendominasi jumlah finalis dengan jumlah delapan finalis, disusul, Unimed berjumlah tujuh finalis, UPI dan STBA Harapan dengan masing-masing dua perwakilan, dan satu finalis asal Universitas Muslim Nusantara.

Para finalis dinilai oleh lima juri. Kelima juri yakni Salbiyah Nurul Aini, Martin, Qintari Ananditha, Rizky Nasution, dan Muhri Fauzi Hafiz.

To Top