Berita

Rencana Spin Off Bank Sumut Syariah Harus Masuk Di RBB Bank Sumut 2017

Anggota komisi C DPRD provinsi Sumatera Utara, Muhri Fauzi Hafiz, menyebut bahwa rencana spin off unit usaha syariah PT Bank Sumut menjadi bank umum syariah di tahun 2018 harus terwujud. Maka, tahapan yang awal dilakukan oleh jajaran Direksi PT Bank Sumut saat ini, adalah memasukkan usulan spin off kedalam rencana bisnis (RBB) PT Bank Sumut tahun 2017 yang akan datang.

“Saya meminta Direksi PT Bank Sumut agar sungguh-sungguh dalam merencanakan proses spin off unit usaha syariah ini, karena, upaya ini cukup bagus untuk mengembangkan bisnis PT Bank Sumut. Kita tahu, saat ini potensi masyarakat yang hendak menggunakan jasa perbankan syariah cukup besar. Bahkan secara nasional potensi pasar bagi perbankan syariah masih terbuka luas. Saya mendukung upaya spin off tersebut, jangan ditunda lagi,” ujar Muhri Fauzi Hafiz kepada wartawan di Medan, (30/7/2016).

Menurut Muhri Fauzi Hafiz, saat kunjungan komisi C ke PT Bank Jabar (BJB) di provinsi Jawa Barat, Bandung, Selasa 26/7 lalu, unit usaha syariah PT BJB sudah spin off sejak tahun 2010 dan dikelola oleh satu unit usaha yang berinduk di PT BJB.

Namun, semua urusan manajemen dan organisasi sudah tidak menginduk di PT BJB. Saat ini, bisnis perbankan syariah BJB sudah di satu rumah, yaitu PT Bank Syariah BJB.

Walaupun proses spin off unit usaha syariah PT Bank Sumut terkesan lebih lambat dari PT BJB di Jawa Barat, namun, hal itu tidak mengurangi semangat  yang ada dijajaran PT Bank Sumut, serta peluang bisnis yang luas di daerah.

“Saya memahami bahwa rencana spin off unit usaha syariah bukanlah sesuatu yang mudah, maka, sebagai pimpinan tertinggi di organisasi PT Bank Sumut, saudara direktur utama, harus menjadi pengawal bagi suksesnya upaya spin off ini, baik mulai dari pembenahan struktur organisasi bisnis di unit usaha syariah, maupun upaya penanganan pembiayaan yang bermasalah (NPF) yang ada di unit usaha syariah saat ini. Hal ini saya sebut tugas berat dan menjadi salah satu indikator prestasi jajaran Dirut dan direksi yang ada,” katanya.

“Komunikasi yang baik dengan para pemegang saham juga harus terus menerus dilakukan secara berkelanjutan. Tidak menutup kemungkinan ada pemerintah daerah yang memiliki keinginan menjadi pemegang saham pengendali (PSP) menggantikan pemerintah provinsi pada proses spin off ini, jika itu terjadi saya berkeyakinan spin off unit usaha syariah ini akan memajukan PT Bank Sumut untuk masa depan dan akan terwujud visi menjadi regional champion bank,” demikian ujar Muhri Fauzi Hafiz.

To Top