Berita

Pemda Harus Fokus Kembangkan Pariwisata Bukit Lawang dan Tangkahan

BANGFAUZI.COM – Resmi sudah Presiden RI Joko Widodo mengeluarkan Perpres Badan Otorita Pengelola Kawasan Pariwisata Danau Toba. Tujuannya tak lain menjadikan Danau Toba sebagai kawasan strategis pariwisata nasional.

“Seperti danau toba, sepatutnya pemerintah daerah provinsi Sumatera utara melalui dinas pariwisata dan dinas bina marga mulai menyusun pengembangan rencana induk pariwisata daerah,” ujar Muhri fauzi hafiz, anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara dari Fraksi Partai Demokrat.

Menurutnya, setelah Danau Toba, ada Bukit Lawang dan Tangkahan di Kabupaten Langkat yang merupakan daerah destinasi wisata yang sudah mendunia.

Katanya Bukit Lawang merupakan objek wisata yang sudah dikenal dengan keindahan sungai, kawasan hutan dan Orang Utan yang saat ini keberadaannya sudah sangat langka.

“Namun, saat ini semua itu nyaris diabaikan. Pemerintah daerah baik Provinsi maupun Kabupaten Langkat, perlu duduk bersama menyusun kembali upaya-upaya membangkitkan potensi wisata Bukit Lawang di kecamatan Bahorok,” katanya.

Perbaikan jalan lintas yang menjadi kewenangan provinsi harus disegerakan untuk dilakukan. Penataan kawasan wisata Bukit Lawang, mulai dari daerah aliran sungai, perkampungan sampai masyarakat sekitarnya juga harus dimasukkan dalam program pengembangan wisata daerah.

Jika daerah ini bisa dibangkitkan kembali, pastinya Sumatera Utara tidak hanya punya Danau Toba saja.

Tidak hanya Bukit Lawang, kabupaten Langkat juga punya Tangkahan, pada musim tertentu wisatawan manca negara ramai mengunjungi kawasan wisata Tangkahan.

Kedua daerah wisata ini jika dijadikan prioritas tujuan wisata yang dikembangkan tahun 2016 ini, pasti akan mengharumkan nama provinsi Sumatera Utara.

“Apalagi di era MEA saat ini, negara sedang fokus pada pengembangan potensi alam daerah dan ekonomi kreatif rakyat, sehingga saya yakini jika Bukit Lawang dan Tangkahan dibangun kembali dengan semangat yang sama seperti upaya membangun Danau Toba, pasti Sumatera Utara akan menjadi Paten dan lebih berdaya saing lagi,” ujar Fauzi yang merupakan anggota DPRD provinsi Sumatera Utara dari dapil kabupaten Langkat dan kota Binjai ini. (mfh)

To Top