Berita

Dukung UMKM, Pemprov Sumut Permudah Penyaluran Kredit

Kadis Koperasi dan UMKM Provinsi Sumut Mohammad Zein mengatakan, pemerintah sudah memberi kemudahan untuk penyaluran kredit UMKM. Melalui instruksi Nawacitanya Presiden Joko Widodo, pihaknya memberikan kemudahan peminjaman kredit UMKM.

“Pemerintah Sumut sudah siapkan KUR sekitar Rp1,3 triliun. Kalau ini bisa kita kucurkan, geliat untuk UMKM bisa bertambah, bunganya cuma 12 persen, izinnya cukup izin camat, Wali Kota Medan sudah memberikan wewenang kepada Camat, karena ini perintah Presiden, agar kita bisa bersaing dengan negara-negara Asean lainnya,” katanya.

Dijelaskannya, saat ini sedang sosialisasi penuh bagi pelaku UMKM, bahwa bunga peminjaman baru saja turun. Awalnya bunga peminjaman 22 persen, namun kini menjadi 12 persen.

“Jadi banyak yang belum tahu bahwa bunganya turun. Nah kalau sudah tahu kan enak, jadi mudah. Apalagi semua izin mikro Rp 25 juta ke bawah,bisa izin dari Camat. Ini Nawacita pemerintah, yang harus hadir di tengah-tengah masyarakat. Kemajuan ekonomi bisa ditentukan UMKM, dengan ini kita bisa stabil,” pungkasnya.

Sementara itu Muhri Fauzi Hafiz anggota Komisi C DPRD Sumut mengatakan memang pemerintah harus hadir dalam memberikan kemudahan bagi para pelaku UMKM, terlebih saat ini kita sudah memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015 di mana persaingan barang yang masuk ke pasar dalam negeri semakin tinggi.

“Komitmennya harus begitu, kehadiran pemerintah baik pusat maupun daerah adalah pendukung, sehingga jangan ada hambatan dan kendala bagi pelaku UMKM di Sumatera Utara untuk berkembang. Khususnya persoalan izin yang berkaitan dengan permohonan untuk bisa dapat kredit dari perbankan maupun pemerintah.” kata fauzi.

To Top