Berita

Produk Susu Korsel Masuki Pasar Halal Malaysia

Setelah setahun berkoordinasi dengan regulator, produsen susu kemasan Korea Selatan Binggrae segera memasarkan produk susu tahap pertama mereka ke pasar halal Malaysia.

Berdasarkan Kementerian Pertanian dan Kementerian Keamana Pangan, 14,4 ton produk susu Korea Selaran akan mulai dikirimkan ke Malaysia pada 12 September mendatang.

Korea Herald seperti yang dilansir RepublikaOnline, Senin (7/9), melansir, Korea Selatan sendiri menargetkan ekspor produk susu Biggrae bisa mencapai 50 ton atau setara 120 ribu dolar AS hingga akhir tahun ini.

Eksportir Korea Selatan memulai uji pasar tahap pertana mereka sejak pertengahan Agustus lalu ke pasar halal Malaysia.

Kerja sama produk halal kedua negara ini dimulai sejak September 2014 lalu. Susu rasa pisang Biggrae mendapat sertifikat halal Malaysia pada Maret lalu yang kemudian disepakati untuk dipasarkan di Malaysia pada Juni lalu.

”Kunjungan Presiden Park Geun-hye ke negara-negara Timur Tengah pada Maret lalu mendorong Korea Selatan untuk bisa masuk ke pasar makanan halal global,” ungkap Kementetian Pertanian Korea Selatan dalam siaran resminya.

Difasilitasi pemerintah, industri bersama Federasi Muslim Korea berhasil mendorong kerja sama pemerintah dan sipil untuk pengembangan program ini.

Sejauh ini, baru Binggrae dan Seoul Dairy Cooperative yang diakui otoritas halal Malaysian halal authorities. Bagi para eksportir Korea Selatan, Malaysia termasuk negara yang ketat mengawasi arus produk halal.

To Top