Berita

Muhri Fauzi Hafiz Kecewa Kabiro Keuangan Pemprovsu Tak Hadir Saat Kunker

Anggota DPRD Sumatera Utara Muhri Fauzi Hafiz menyesalkan ketidakhadiran Kepala Biro Keuangan Pemprov Sumut, di hari pertama kegiatan kunjungan kerja (kunker) Daerah Pemilihan (Dapil) XII, Kota Binjai dan Kabupaten Langkat, Senin.

Padahal, kata Politisi Partai Demokrat ini, pada hari itu digelar pertemuan dengan sejumlah Satuan kerja Perangkat Daerah (SKPD) kabupaten/kota terkait realisasi sejumlah proyek berasal dari Bantuan Keuangan Provinsi (BKP) Sumut.

Apalagi dalam pertemuan itu terungkap sejumlah proyek pembangunan maupun program-program pro rakyat lainnya masih terkendala akibat tertunggaknya sejumlah utang Pemprov Sumut berupa BKP dan Dana Bagi Hasil (DBH), sejak 2014.

“Kenapa tidak seorangpun mewakili Biro Keuangan Sumut hadir dalam pertemuan ini. Kita sangat sesalkan itu, karena persoalan ini salah satu tanggungjawab mereka,” kata Muhri Fauzi pada kunker yang dipimpin ketua rombongan, Anhar A Monel dari Fraksi Nasdem.

Seharusnya, menurut dia Biro Keuangan Pemprov Sumut bisa memberi penjelasan lebih rinci perihal masih tertunggaknya utang DBH ke kabupaten/kota.

Padahal dalam pertemuan itu pihak Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Sumut, menyatakan instansi ini langsung menyetor semua hasil pajak yang masuk 1 kali 24 jam ke Biro Keuangan.

“Jadi ini sesuai peraturan tidak boleh lama-lama di setor ke Biro Keuangan Sumut, sedangkan laporan pembagian DBH secara administrasi dilayangkan ke kabupaten/kota setiap triwulan,” kata Guntur mewakili Dispenda Sumut.

Namun, lanjut dia mengenai pembayaran ke kabupetan/kota diproses di kas daerah dan menjadi wewenang Biro Keuangan. “Jadi kordinasinya ke Biro Keuangan,” ujarnya.

Kunker DPRD Sumut ke Pemko Binjai diterima Asisten I, Amran, sedangkan ke Pemkab Langkat diterima Sekda Indra Salahuddin.

To Top