Berita

Bank Sumut Butuh Dukungan Pemerintah Daerah

Untuk bisa bersaing dengan bank pembangunan daerah provinsi yang lain di Indonesia Bank Sumut saat ini sangat membutuhkan kebijakan yang lebih tegas dan pro aktif dari Pemda, baik Pemerintah Provinsi Sumut maupun Pemerintah Kabupaten/Kota.

“PT Bank Sumut harus didukung dengan kebijakan pemerintah daerah yang sesuai dengan aturan hukum perbankan nasional,” kata Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara Muhri Fauzi Hafiz di Medan beberapa waktu yang lalu.

Muhri Fauzi Hafiz pun meminta Pemerintah Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota agar serius mendukung program dan kebijakan PT Bank Sumut agar kinerja bank BUMD tersebut kedepan menjadi lebih baik.

Menurut Fauzi, Bank Sumut saat ini sangat membutuhkan kebijakan yang lebih tegas dan pro aktif dari Pemda, baik Pemerintah Provinsi Sumut maupun Pemerintah Kabupaten/Kota. Melalui dukungan dan kebijakan Pemda, pihaknya menyatakan yakin bank yang sahamnya juga dimiliki Pemkab dan Pemko bisa lebih cepat memperbaiki kinerjanya.

Seperti diketahui, kinerja usaha bank yang sebagian besar sahamnya dimiliki Pemprov Sumut itu selama beberapa tahun terakhir kurang menggembirakan, di antaranya dari sisi non performing loan (NPL) atau pertumbuhan kredit macet yang sudah mencapai lima persen.

Situasi tersebut diperparah lagi dengan lowongnya dua kursi jabatan direktur utama (dirut) Bank Sumut selama dua tahun lebih, sehingga membuat kewenangan manajemen sangat terbatas.

Muhri Fauzi berharap, penetapan Edie Rizliyanto sebagai direktur utama dan Didi Duhaarsa sebagai direktur operasional PT Bank Sumut periode 2015-2019 mampu membawa perubahan besar bagi kemajuan perusahaan perbankan tersebut.

Politisi Partai Demokrat ini juga menolak jika Bank Sumut diintervensi secara politik oleh pihak-pihak yang ingin mengambil keuntungan untuk kelompok maupun pribadi.

“Bank Sumut harus steril dari kepentingan politik dan jajaran direksi dalam menjalankan program dan kebijakannya harus senantiasa mengacu kepada aturan dan undang-undang mengenai perbankan,” tuturnya.

To Top