Berita

Fauzi: Gatot Jangan Asal Cakap Sebut Konsultasi Lebih Elegan Dibandingkan Interpelasi

Muhri Fauzi Hafiz menyebut kalau mekanisme konsultasi Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujonugroho sebagai niatan yang “nyleneh”. Pasalnya hak interpelasi DPRD Sumut sedang menguat dan belum menunjukkan tanda-tanda terancam gagal.

“Jika Gubernur Gatot Pujonugroho benar menyebut bahwa mekanisme konsultasi lebih elegan dibanding interpelasi untuk bertanya, hal ini perlu diklarifikasi kembali kepada beliau, apa maksudnya kata elegan itu? Sebagai kepala daerah, semestinya sudah mengetahui bahwa konsultasi bukan hak, itu hanya kegiatan berdiskusi  yang muncul sebagai kesepakatan,” kata Fauzi.

Sedangkan interpelasi menurut pria yang lahir di kota Binjai itu merupakan hak yang lahir dari fungsi yang dimiliki oleh setiap anggota DPRD.

Dia juga mengungakpkan kalau interpelasi memiliki dasar hukum yang jelas diatur oleh UU/PP maupun tatib DPRD, mekanisme yang diatur oleh sistem hukum Indonesia.  “Itulah yang menurut Saya yang lebih elegan. Bahkan, untuk mengajukan interpelasi pun tidak boleh melanggar aturan yang sudah ditentukan,” katanya.

“Oleh karena itu, Gubernur Gatot Pujonugroho jangan asal cakap, yang nantinya bisa berakibat multi tafsir dari pernyataan yang disampaikan, bisa membuat bingung masyarakat, ingat, bahwa interpelasi berbeda dengan konsultasi, sehingga tidak bisa dibandingkan satu sama lainnya,” tambahnya lagi.

Sebelumnya Gatot menyebut kalau media konsultasi merupakan mekanisme yang elegan bagi DPRD Sumut untuk bertanya soal kinerjanya melalui komisi C.

“Sebenarnya ada pola dan mekanisme untuk bertanya dan sudah diberi contoh oleh Komisi C DPRD Sumut, apa itu?, yaitu konsultasi kepada gubernur. Apa counterpartnya Komisi C, yaitu BUMD. Apa counterpartnya Komisi C, yaitu Dinas Pendapatan. Mereka juga mengeksplor kita, kenapa PAD tidak tercapai,” ujar Gatot.

Artinya, sebut Gatot, sebenarnya kan bisa melalui cara seperti yang dilakukan Komisi C. “Disitu saya juga dicecar tentang persoalan BUMD, persoalan tidak tercapainya PAD,” ujar Gato

To Top