Berita

Pesan Mengharukan Pria Inggris, Sukarela Jaga Masjid Untuk Sahabatnya Salat di Masjid

Bangfauzi.com – Sebuah pesan mengharukan disampaikan oleh seorang pria di Manchester, Inggris. Adalah Andrew Graystone yang rela ‘menjaga masjid’ sembari menyampaikan pesan persahabatan untuk umat Islam.

Aksi Graystone tersebut viral melalui fotonya yang beredar di media sosial. Graystone ingin umat Islam di wilayahnya merasa aman pasca penembakan brutal di dua masjid di Christchurch, New Zealand.

Dia memutuskan untuk menjaga umat muslim yang akan menunaikan salat Jumat di sebuah masjid di Barlow Road, Manchester. Di depan gerbang masuk masjid, Graystone berdiri dengan membawa sebuah poster bertuliskan ‘Kamu adalah temanku. Aku akan menjagamu ketika kamu berdoa’.

Tak hanya sekedar berdiri, Graystone pun dengan ramah menyapa umat muslim yang akan memasuki masjid. Dia bahkan mengucap ‘salam’ kepada mereka.

Graystone mengatakan aksinya tersebut lantaran dirinya ingin merespons aksi teror di New Zealand dengan persahabatan. Bukan ketakutan seperti yang diinginkan pelaku.

Foto: Andrew Graystone (kiri) (Istimewa)

Dia ingin menjadi ‘penjaga’ bagi umat muslim di wilayahnya agar merasa aman dan tak sendirian saat menunaikan ibadah. Bahwa di luar sana masih banyak orang-orang yang menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama.

“Ini bukan soal agama. Ini soal komunitas. Ini soal persahabatan dan komunitas. Dan kamu harus mengambil langkah pertama dan membangun jembatan. Di saat-saat seperti ini, kamu harus memilih antara ketakutan dan persahabatan. Kamu harus memilih,” ujar Graystone, dilansir Guardian, Minggu (17/3).

Graystone mengatakan, mulanya, muslim yang akan memasuki masjid mengira dirinya adalah seorang pendemo. Namun, begitu melihat tulisan yang dibawanya, sambutan hangat pun didapatkan Graystone.

“Mereka pikir aku pendemo, tapi ketika mereka melihat pesan yang aku tulis, mereka menyambutku dengan hangat,” ujar Graystone.

“Ketika mereka keluar (usai salat), aku pun dikelilingi oleh ratusan orang. Mereka berterima kasih kepadaku, memberkatiku. Beberapa orang mengatakan keyakinan mereka pada kemanusiaan pun pulih kembali,” imbuhnya.

To Top