Ekonomi

Sosok Dirut Bank Sumut Harus Peduli Ekonomi Syariah

Bangfauzi.com – Wakil ketua fraksi partai Demokrat DPRD Provinsi Sumatera Utara, Muhri Fauzi Hafiz, berharap sosok Diretur Utama (Dirut) PT Bank Sumut periode mendatang adalah sosok yang memiliki visi dan misi untuk membangun perekonomian daerah dengan prioritas pengembangan bisnis perbankan syariah yang merupakan bagian penting dari Ekonomi Syariah.

Hal ini disampaikannya kepada wartawan melalui pesan WhatsApp, Senin (18/4/2019).

Menurut ketua Masyarakat Ekonomi Syariah atau MES kota Binjai ini, ekonomi syariah melalui perbankan syariah harus menjadi perhatian utama bisnis PT Bank Sumut di era kepemimpinan Gubernur Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur Musa Rajekshah, karena, harapan umat saat kampanye lalu telah diterima pasangan ini dan dideklarasikan, yaitu, membawa Sumatera Utara lebih maju dan bermartabat dengan membangun sistem perbankan syariah yang kuat di daerah ini.

Salah satu caranya adalah melalui BUMD Keuangan PT Bank Sumut, dimana diketahui pemerintah provinsi Sumatera Utara melalui Gubsu merupakan pemegang saham pengendali (PSP) yang dapat mempengaruhi keputusan pemegang saham lainnya.

Saya pikir, kemampuan sistem perbankan syariah sudah tidak diragukan untuk menjadi solusi bagi upaya pemerintah membangun ekonomi daerah yang kuat. Perbankan syariah yang merupakan bagian dari sistem ekonomi syariah sudah teruji mampu menjadi solusi.

Bahkan di provinsi Aceh konversi Bank Aceh sudah dilakukan secara penuh untuk menjalankan bisnis perbankan syariah.

Oleh karena itu, Gubsu akan kita dorong untuk melakukan terobosan baru dalam memilih sosok Dirut PT Bank Sumut mendatang yang punya kemampuan secara khusus lebih unggul untuk pengembangan bisnis perbankan syariah di PT Bank Sumut pada masa yang akan datang.

Saya ingatkan bahwa kalau sosok Dirut itu hanya memenuhi kecakapan umum perbankan konvensional yang sudah ada, dengan berbagai sertifikasi kemampuan umum, Saya meyakini itu banyak orangnya, Gubsu pun tak usah pusing untuk memilihnya. Tinggal dibuatkan saja pakta integritas komitmen, maka jadilah itu.

Namun, mencari sosok Dirut yang mumpuni dalam memahami ekonomi syariah dan pengembangan bisnis perbankan syariah untuk BUMD, hal ini merupakan satu tantangan tersendiri. Saya pikir, keterlibatan kelompok masyarakat ekonomi syariah atau MES, para ulama kita di MUI, Dewan Syariah Nasional dan Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) serta pihak universitas yang fokus pada kajian ekonomi dan perbankan syariah perlu juga didengarkan, sehingga semangat membangun Sumatera Utara melalui lembaga perbankan syariah bisa dipenuhi oleh Pemerintah Sumut melalui Gubernur Edy Rahmayadi.

Ketika ditanya apakah dikalangan internal PT Bank Sumut sosok yang disebut ada? Muhri Fauzi Hafiz menjawab, bahwa kalangan internal PT Bank Sumut jauh lebih memahami latar belakang hadirnya Bank Sumut sebagai BUMD, kalangan internal itu bisa disebut lebih mencintai Bank Sumut dibandingkan nantinya sosok Dirut itu jika dipilih dari eksternal. Sudah ada contohnya pada masa-masa yang lalu, ujarnya mengakhiri. (*)

To Top