Sumut

Pentingnya Netralitas Dalam Pemilu 2019

Bangfauzi.com – Saya bicara sebagai Ketua Komisi A DPRD provinsi Sumatera Utara yang karena jabatan ini harus berada pada posisi menjaga kepentingan masyarakat, negara dan bangsa.

Saya mendukung sikap dan komitmen ketua Bawaslu Sumut, Syafrida R Hasan, yang mengajak agar pejabat kepala daerah Gubernur / Bupati / Walikota dan semua yang menjadi ASN , TNI dan Polri tetap netral dalam pelaksanaan pemilu 2019.

Ajakan ketua Bawaslu Sumut yang sempat dilansir oleh media beberapa waktu lalu cukup menjadi peringatan bagi semua pihak agar tetap dalam peran masing-masing, guna menjaga demokrasi dan pelaksanaan pemilu 2019 tetap berdaulat.

Tidak boleh kepala daerah karena ada anaknya atau kerabatnya maju menjadi salah satu calon anggota legislatif lalu menggunakan kekuasaan yang dimiliki untuk melakukan kegiatan yang terstruktur sistematis dan masif sehingga semua bawahannya sampai Kepling dan Kades juga diajak memihak.

Tidak boleh, jika terjadi itu adalah pelanggaran. Begitupun untuk pasangan calon presiden dan wakilnya yang akan kita pilih pada pemilu 2019 ini, semua kita harus menjaga suasana kebangsaan yang beragam ini tetap terpelihara, rakyat sedang melakukan proses seleksi terhadap pemimpin yang diyakini mampu membawa Indonesia menjadi lebih baik lagi, ayo kita bantu mencerdaskan rakyat dengan cara-cara yang sudah diatur oleh UU dan peraturan yang ada.

Jangan ada intervensi kepada siapapun dalam menggunakan hak pilih, apalagi sampai ada istilah kriminalisasi dan gerakan yang terkesan mengarahkan orang-orang karena jabatan tidak bisa membantahnya.

Kepada Bawaslu Sumut, komitmen tersebut hendaknya juga diteruskan ke jajaran di kabupaten / kota sehingga pengawasan pemilu yang berjalan bisa kita lakukan bersama-sama dengan berdaulat, praktik-praktik money politik bisa dihapuskan, transaksi jual beli suara yang membuat masyarakat tidak cerdas bisa dihapuskan, bahkan pelaksanaan pemilu oleh KPU bisa sesuai dengan ketentuan dan dihasilkan para wakil rakyat dan pemimpin bangsa yang memenuhi harapan rakyat.

 

To Top