Ekonomi

Muhri Fauzi Dukung Spin Off Bank Sumut Jadi Bank Umum Syariah

Bangfauzi.com – Tahun 2019 diharapkan PT Bank Sumut bisa segera melakukan spin off unit usaha syariah (UUS) yang dimiliki.

Hal ini sejalan dengan semangat kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah dalam visi dan misi yang pernah disampaikan pada masa-masa kampanye lalu.

Sejalan dengan hal itu, wakil ketua fraksi partai Demokrat DPRD provinsi Sumatera Utara, Muhri Fauzi Hafiz, saat ditanya wartawan melalui pesan WhatsApp yang diterima, Rabu (13/2/2019), menyatakan dukungannya terhadap spin off atau pemisahan UUS PT Bank Sumut menjadi Bank Umum Syariah di tahun 2019 ini.

Alumni Pascasarjana S2 Ekonomi Syariah dari IAIN Medan sekarang disebut UIN Sumut ini menyebutkan bahwa visi dan misi Gubernur Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur Musa Rajekshah untuk melakukan pemisahan UUS PT Bank Sumut sangat strategis.

Sebab, masa ini perkembangan layanan perbankan syariah masih menjadi tren di tengah-tengah Masyarakat yang sedang bangkit semangat menjalankan ibadah keagamaan nya. Fenomena gerakan subuh berjamaah, hadirnya ulama kebanggaan ustadz Abdul Somad dan Ustadz lainnya yang terkenal, membuktikan masyarakat sedang baik ghiroh beribadah termasuk untuk menjalankan prinsip-prinsip keuangan syariah dalam kegiatan ekonomi.

Menurut ketua komisi A DPRD Sumut ini, ada 4 hal yang bisa segera dilakukan Gubernur atas nama pemerintah provinsi Sumatera Utara yang saat ini menjadi PSP PT Bank Sumut.

Pertama, melakukan pemilihan direktur utama yang baru, yang diharapkan memiliki latar belakang pengalaman perbankan syariah yang profesional.

Kedua, mengumpulkan para ulama dan cendekiawan ekonomi syariah yang ada di Sumatera Utara untuk bersama-sama menyampaikan kepada umat dukungan riil lahirnya Bank Umum Syariah Bank Sumut.

Ketiga, mengajak dan melobi pemegang saham lainnya Pemerintah kabupaten / kota yang berminat untuk bergabung melakukan spin off UUS PT Bank Sumut dan yang terakhir, keempat, melakukan kordinasi yang intensif dengan pihak OJK RI dan BI sehingga semua proses spin off berjalan dengan baik, waktunya pas, tepat sasaran dan tujuan tercapai.

To Top