Berita

Bang Fauzi Sebut Langkat Masuk Daerah Kawasan Pariwisata Nasional

Muhri Fauzi Hafiz

Bangfauzi.com – Wakil Ketua Komisi A DPRD Provinsi Sumatera Utara, Muhri Fauzi Hafiz atau biasa dipanggil Bang Fauzi, menyebutkan bahwa sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2011 Tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Nasional (RIPPARNAS) kabupaten Langkat memiliki dua Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), yaitu, pertama, KSPN Tangkahan dan sekitarnya. Kedua, KSPN Bukit Lawang dan sekitarnya.

Diketahui dalam penjelasan PP 50/2011 tentang RIPPARNAS tersebut di atas bahwa Kawasan Strategis.

Kawasan Strategis Pariwisata Nasional yang selanjutnya disingkat KSPN adalah kawasan yang memiliki fungsi utama pariwisata atau memiliki potensi untuk pengembangan pariwisata nasional yang mempunyai pengaruh penting dalam satu atau lebih aspek, seperti pertumbuhan ekonomi, sosial dan budaya, pemberdayaan sumber daya alam, daya dukung lingkungan hidup, serta pertahanan dan keamanan.

Maka, jika satu daerah kabupaten/kota memiliki KSPN hal itu akan menjadi prioritas pembangunan nasional yang jika ditindaklanjuti oleh kepala daerah yang bersangkutan akan memberikan manfaat besar bagi pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat sekitarnya.

Sebab, masih didalam peraturan terkait disebut bahwa pembangunan KSPN akan menggunakan potensi masyarakat daerah dengan sasaran pembangunan prasarana, penyediaan fasilitas umum, pembangunan industri pariwisata, pengembangan pasar wisatawan dan pengembangan sumber daya manusia.

Melalui pesan WhatsApp yang diterima wartawan, Minggu, 23/12/2018, Bang Fauzi yang juga anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara asal daerah pemilihan 12 kabupaten Langkat dan kota Binjai ini, berharap, pemerintah daerah kabupaten Langkat dapat menyusun rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) tahun 2019 yang memprioritaskan daerah KSPN Tangkahan di Kecamatan Sawit Seberang dan Bukit Lawang di kecamatan Bohorok.

“Kita sangat berharap pada periode yang akan datang, kabupaten Langkat bisa maju dan mampu menjadi tujuan wisata nasional yang terbaik. Status KSPN untuk dua daerah yang kita punya di kabupaten Langkat, sama dengan status Danau Toba,” katanya.

Menurut Fauzi ni merupakan peluang yang besar bagi kita di kabupaten Langkat untuk mendapatkan perhatian pemerintah pusat dalam membangun daerah. Sebagai anggota DPRD asal daerah ini, Saya akan menyurati Gubernur Edy Rahmayadi untuk memasukkan dua kawasan Tangkahan dan Bukit Lawang dalam Peraturan Daerah tentang RPJMD 2019-2024 yang akan segera dibahas bersama di tahun 2019 bersama DPRD dan Gubernur atas nama pemerintah provinsi Sumatera Utara.

To Top