DPRD Sumut

DPRD Sumut Minta Penjelasan Gubsu Batalkan Daftar Nominatif Eks HGU PTPN II

Bangfauzi.com – Wakil Ketua Komisi A DPRD Sumut, Muhri Fauzi Hafiz, mempertanyakan alasan Gubsu Edy Rahmayadi, yang membatalkan daftar nominatif calon penerima lahan eks HGU PTPN II, sebagaimana usulan Gubsu sebelumnya, HT.Erry Nuradi.

“Sebagai wakil ketua komisi A DPRD provinsi Sumatera Utara, Saya secara langsung tidak melihat surat itu. Artinya bukti otentik tidak saya ketahui. Sehingga informasi ini juga diterima berdasarkan kabar yang disampaikan kawan-kawan wartawan dan berita di koran,” ujar Muhri Fauzi, Senin (15/10/2018).

Sekedar informasi, Senin (8/10/2018) Pansus eks HGU PTPN2 menggelar rapat dengan Kanwil BPN Sumut, BPN Deli Serdang, BPN Langkat dan BPN Binjai. Dalam rapat tersebut terungkap, Gubsu menyurati Direksi PTPN2 untuk membatalkan penghapusbukuan lahan eks HGU seluas 2.200 ha, yang merupakan usulan Gubsu sebelumnya, Erry Nuradi.

Lahan 2.200 ha tersebut terdiri dari, peruntukan RUTRWK Kota Binjai, Gedung Islamic Center, Perumahan eks Karyawan PTPN2, Kodam I/BB, Polda Sumut, Kejati Sumut, BNN Sumut, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, garapan masyarakat dan penghargaan terhadap Masyarakat Adat Melayu Raya.

“Kebijakan Erry Nuradi mempercepat penyelesaian persoalan lahan eks HGU PTPN2, sebenarnya sudah baik. Namun, ketika Gubsu Erry Nuradi mengusulkan pembatalan penghapusbukuan lahan eks HGU, menjadi sesuatu yang perlu disampaikan kepada publik”,ujar Muhri Fauzi.

Sejauh ini, lanjut Muhri, Gubsu Edy Rahmayadi belum memberikan penjelasan secara resmi alasan pembatalan tersebut. “Jika Gubsu tidak menyampaikan secara resmi, publik akan menilai, Pak Edy Rahmayadi telah membuat keputusan mundur dan tidak berkomitmen terhadap kepentingan masyarakat”,tambahnya.

Muhri juga berharap kepada masyarakat Sumut, tidak bereaksi terlalu berlebihan terhadap keputusan Gubsu Edy Rahmayadi tersebut.

“Sebaiknya kita menunggu jawaban resmi dari Gubsu Edy Rahmayadi. Mudah-mudahan saja, alasannya benar-benar untuk kepentingan yang lebih luas lagi”,harap ujar politisi Partai Demokrat ini.

To Top