Home

Perda Lahan Eks HGU PTPN 2 Untuk Masyarakat Adat Melayu Langkat

Ketua Pemangku Adat Melayu Langkat Tengku Abdul Azis bersama Muhri Fauzi Hafiz saat berada di DPRD Sumut

Bangfauzi.com – Pemerintah Provinsi Sumut diharapkan segera keluarkan perda tentang keabsahan tanah eks HGU ptpn 2 di Kabupaten Langkat yang akan diberikan kepada masyarakat adat melayu langkat.

Hal ini disampaikan Muhri Fauzi Hafiz dalam rapat dengar pendapat di ruang Rapat Komisi A kemarin. Rapat ini dihadiri unsur pemerintah Provinsi Kabupaten Langkat dan masyarakat Adat Melayu Langkat.

Muhri Fauzi Hafiz selaku wakil ketua Komisi A DPRD Sumut meminta jajaran Polres kabupaten Langkat bisa menjadag komitmen jadi pengayom dan pengaman bagi oknum atau LSM yang mengacaukan pemberian tanah eks HGU PTPN 2.

Sebagaimana yang disepakati oleh pejabat yang berwenang, PTPN 2 telah memberikan lahan yang telah habis masa HGU kepada masyarakat melayu langkat seluas 200 Ha untuk dimanfaatkan kepentingan umat.

Namun menunggu keluarnya peraturan daerah dari Provinsi ada masyarakat dan LSM yang mengakui dari sebagian lahan tersebut miliknya.

“Evaluasi perda tentang perlindungan hak-hak masyarakat hukum adat yang ada di Kabupaten Langkat. Maka kita akan mendorong seluruh jajaran pemerintah di kabupaten langkat untuk mendukung masyarakat adat mendapatkan hak-haknya sesuai dengan peraturan daerah yang akan disahkan,” kata Muhri Fauzi Hafiz.

Simak videonya di sini

Ketua Pemangku Adat Melayu Langkat Tengku Abdul Aziz mengharapkan Pemprov Sumut khususnya Gubernur Edy Rahmayadi segera menyelesaikan persoalan tersebut. Pasalnya lahan yang diberi akan dimanfaatkan untuk kepentingan umat.

“Kami berharap kepada bapak Gubernur yang baru untuk bisa memberikan perhatian khusus kepada masalah ini. Sehingga peletakan lokasi pemberian hak kepada masyarakat adat bisa diselenggaran secara seksama,” kata Abdul Aziz.

Tengku tersebut memberikan apresiasi atas undangan yang diberikan oleh DPDD Sumut sehingga secara khusus dirinya terbang dari Jakarta ke Medan untuk bisa membicarakan masalah tersebut.

 

To Top