Berita

4 Harapan Bang Fauzi Buat Eramas Usai Dilantik Jadi Gubernur dan Wagub Sumut

Bangfauzi.com – Presiden RI Joko Widodo melantik Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah, bersama delapan provinsi lainnya, Rabu (5/9/2018), di Istana Negara Jakarta.
Dalam agenda tersebut, disebutkan ada pesan khusus untuk mengejar keterlambatan pembangunan selama ini.

Gubernur-Wakil Gubernur pun mengikuti seluruh proses pelantikan mulai dari pemberian surat tanda keputusan Presiden, penandatanganan berita acara pelantikan hingga proses pengambilan sumpah jabatan.

Keduanya tampak bersemangat menyampaikan ikrar sebagai pemimpin Sumatera Utara lima tahun ke depan.
Usai dilantik, Edy-Ijeck disambut puluhan orang warga Sumut di halaman Istana Negara untuk memberikan ucapan selamat, sekaligus berfoto bersama dengan pemimpin baru.

Meskipun dalam kondisi panas dan padat, keduanya tampak antusias melayani permintaan masyarakat yang menunggu sejak pagi.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menyampaikan, bahwa langkah awal sebagai kepala daerah adalah melakukan evaluasi dan konsolidasi. Mengetahui bagaimana kemampuan organisasi.

Khususnya seluruh perangkat kerja atau jajaran organisasi perangkat daerah (OPD). Sebab tanpa memahaminya, akan sulit mensinergikan program pembangunan, meskipun visi misi berulangkali disampaikan.

Gubernur pun menyampaikan ada beberapa poin penting yang menjadi prioritas.

Pertama masalah ketenagakerjaan, pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan pertanian. Ditegaskannya pembanguan di 33 kabupaten/kota harus sejalan, se-iya sekata, serta tidak ada lagi pengkotak-kotakan.

“Segera kejar keterlambatan pembangunan. Berarti kita sudah terlambat pembangunannya,” ujar Gubernur, mengungkapkan pesan dari Presiden kepada keduanya.

Sementara Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah menyampaikan terimakasih kepada rakyat atas kepercayaan yang diberikan kepadanya. Dirinya pun mengajak seluruh rakyat Sumut menjaga kebersamaan agar pembangunan berjalan baik.

“Tidak ada lagi kontestasi, semua kita harus bersama membangun Sumut. Semoga kami bisa amanah menjalankan tugas ini,” sebutnya.

Hadir diantaranya Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman, Pj Gubernur Sumut Eko Subowo, Sekdaprov Sumut Dr Hj Sabrina serta jajaran OPD Pemprov Sumut.

Di tempat terpisah, Muhri Fauzi Hafiz biasa dipanggil Bang Fauzi, wakil ketua komisi A DPRD Provinsi Sumatera Utara, menyampaikan ucapan selamat buat pasangan Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah yang secara legal dan faktual telah menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur provinsi Sumatera Utara periode 2018-2023.

Menurutnya ada empat hal yang harus disegerakan pasangan Gubsu dan Wagubsu di jajaran pemerintahan provinsi Sumatera Utara, pertama, melakukan konsolidasi internal pada jajaran OPD Pemprov Sumut.

Hal ini penting dilakukan guna memberikan rasa optimis dan kenyamanan para ASN Pemprov Sumut dalam bertugas. Kegiatan konsolidasi ini harus menegaskan lagi komitmen kepala OPD, baik Dinas/Badan/Biro yang ada, untuk menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sesuai peraturan perundang-undangan dan loyalitas kepada pimpinan dalam mewujudkan visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur periode 2018-2023.

Kedua, menyatakan Sumatera Utara kondusif dan siap menghadapi Pemilu Presiden / DPR / DPD dan DPRD pada tahun 2019. Tentu pernyataan ini diawali dengan pertemuan bersama dengan forum pimpinan daerah yang terdiri dari Gubernur, DPRD Provinsi, Pangdam 1 BB, Kapoldasu, Kajatisu, KPU dan Bawaslu serta unsur-unsur instansi vertikal lainnya yang terkait.

Ketiga, menyusun program 100 hari kepemimpinan ERAMAS untuk membangun Sumut yang bermartabat.

Keempat, bersama-sama dengan DPRD melakukan pembahasan perubahan APBD 2018.

To Top