Sumut

Musnahkan 48 Kg Sabu, DPW SAN Puji Keberhasilan Polda Sumut Tangani Kasus Narkoba

Bangfauzi.com – Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumut melaksanakan pemusnahan barang bukti penyalahgunaan narkoba bertempat di kantor Ditresnarkoba Polda Sumut, adapun jenis narkoba yang dimusnahkan terdiri dari 48.368,53 gram sabu, ganja (73,62 kg), 280 butir pil ekstasi dengan jumlah LP 23 dan tersangka 42, Selasa (31/7/2018) Pkl.14.00 WIB.

Sedangkan yang sudah disisihkan untuk kepentingan Labfor yaitu Shabu 1,01 kg, Ganja 374 gram, pil Ekstasi 20 butir. Pemusnahan barang bukti dilakukan Staf Labfor Cabang Medan dengan cara semua barang bukti terlebih dahulu diteliti kebenarannya disaksikan para tersangka dan penasehat hukumnya.

Pemusnahan barang haram itu dilakukan dengan cara memasukan barang bukti berupa sabu sabu (SS), ganja dan pil ekstasi dimasukan kedalam air panas yang sudah mendidih dan diaduk sampai dengan merata kemudian dibuang kedalam lubang tanah yang sudah dipersiapkan.

Sedangkan untuk barang bukti ganja dilakukan dengan cara membakar, pemusnahan barang bukti ini disaksikan oleh Kapolda Sumut Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw, Waka Polda Sumut, Dirresnarkoba Polda Sumut Kombes Pol Hendri Marpaung.

Para Pejabat Utama yang mewakili dari Kejaksaan Negeri Sumut, Pengadilan Negeri Medan, Balai Besar POM Medan, BNN Provinsi Sumut, Penasehat Hukum dan turut disaksikan oleh para tersangka kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pemusnahan.

Pemusnahan barang haram ini disambut baik oleh masyarakat Sumatera Utara. Karena SS, Ganja maupun Ekstasi merupakan barang haram yang dapat mematikan manusia. Khususnya dapat merusak generasi muda.

Ketua DPW Satuan Tugas Anti Narkoba (SAN) Sumatera Utara, Muhri Fauzi Hafiz, memuji keberhasilan kerja Kepala kepolisian daerah Sumatera Utara beserta jajaran dalam memberantas kejahatan narkoba di wilayah hukum Polda Sumut.

Pujian ini didasari oleh publikasi pemusnahan barang bukti yang dilakukan pada Selasa 31/8, lalu, dikantor Ditresnarkoba Polda Sumut, adapun jenis narkoba yang dimusnahkan terdiri dari 48.368,53 gram sabu, ganja (73,62 kg), 280 butir pil ekstasi.

Menurutnya apa yang dilakukan oleh kepolisian daerah Sumatera Utara, hendaknya juga diikuti oleh jajaran pemerintahan daerah provinsi Sumatera Utara guna memberikan dukungan yang nyata kepada pihak kepolisian dalam memberantas kejahatan narkoba.

Polisi tidak bisa bekerja sendiri, butuh mitra guna mempersempit ruang gerak para Bandar Narkoba. Peran pemerintah daerah bisa dilakukan dengan melahirkan peraturan daerah yang berkaitan dengan narkoba ini, ujar wakil ketua komisi A DPRD Provinsi Sumatera Utara ini.

To Top