Berita

SBY Sebut Alasan Koalisi dengan Jokowi Banyak Rintangan dan Hambatan

Pertemuan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di kediaman SBY di Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (24/7). (Foto: Nugroho/Kumparan)

Bangfauzi.com – Ketum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketum Gerindra Prabowo Subianto belum memunculkan kesepakatan koalisi.

Meski demikian, SBY mengungkap sulitnya kemungkinan berkoalisi dengan Jokowi.

“Saya menjalin komunikasi dengan Pak Jokowi hampir satu tahun untuk juga menjajaki kemungkinan kebersamaan dalam Pemerintahan. Pak Jokowi juga berharap Demokrat di dalam. Namun saya menyadari banyak sekali rintangan dan hambatan untuk koalisi itu,” kata SBY dalam jumpa pers bareng Prabowo di kediamannya, Mega Kuningan, Jakarta seperti yang dilansir Detik.com, Selasa (24/7/2018).

SBY tak mau bicara detail soal rintangan dan hambatan berkoalisi dengan Jokowi. Namun dia berbicara tentang syarat koalisi.

“Untuk berkoalisi itu perlu iklimnya baik, kesediaan untuk saling berkoalisi juga, ada mutual trust, mutual respect. Itu yang jadi hambatan sekarang ini,” kata SBY.

Belum ada kesepakatan koalisi PD-Gerindra dalam pertemuan malam ini. Prabowo, dalam jumpa pers yang sama, mengatakan akan ada pertemuan lanjutan yang bersifat lebih teknis membahas kemungkinan berkoalisi.

Sebelumnya Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sedang melakukan pertemuan di kediaman SBY.

Pertemuan dilangsungkan empat mata.

“Pertemuan empat mata saja, ya,” ujar Waketum PD Syarief Hasan di Mega Kuningan, Jaksel, Selasa (24/7/2018). Berdasarkan informasi yang dihimpun, pertemuan itu digelar di salah satu kamar rumah.

Syarief mengatakan materi yang dibahas SBY-Prabowo dalam pertemuan itu tak akan dicampuri oleh pejabat partai lain. Hasil pertemuan pun, disebut Syarief, diserahkan kepada SBY-Prabowo.

SBY-Prabowo bertemu membahas Pilpres 2019. Posisi cawapres akan dibahas.

“Oh iya, ini kan menyangkut masalah pilpres, pastilah,” sebutnya.

Informasi yang dihimpun, pertemuan empat mata SBY-Prabowo dilakukan di suatu ruangan tertutup. Karena pertemuan hanya melibatkan SBY dan Prabowo, elite PD terlihat keluar-masuk kediaman SBY.

To Top