Berita

Anggota DPRD Sumut Merespon Minta Bukti Kapolda Tak Netral di Pilkada Sumut

Bangfauzi.com – Presidium Dewan Mahasiswa Sumatera Utara menduga adanya intervensi yang dilakukan petinggi Polda Sumut ke para kepala daerah untuk membantu pemenangan salah satu calon Gubernur Sumatera Utara.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi A DPRD Sumut yang berasal dari Fraksi Nasional Demokrat (Nasdem) Nezar Djuli meminta supaya bukti-bukti keterlibatan personel Polda Sumut segera diserahkan.

“Kami berharap rekaman diberikan sebagai dasar untuk melaporkan kepada Kapolri, tentang netralitas terhadap Pilkada 27 Juni 2018 nanti,” kata Nezar di depan gedung DPRD Sumut seperti yang dilansir Tribun-Medan.com, Rabu (25/4/2018).

 

Nezar menambahkan bahwa besok ada agenda pembicaraan tentang pertanahan bersama Kapolda.

Apabila Kapolda datang, maka kami akan menyampaikan apa yang menjadi masukan secara tidak resmi.

“Jika benar, atas nama pribadi saya akan minta secara resmi kepada pimpinan DPRD Sumut, Wagirin Arman, untuk memberi rekomendasi kepada Kapolri dan jajaran agar segera mencopot Kapolda dan Wakapolda Sumut,” sambungnya

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi A DPRD Sumut dari Fraksi Demokrat, Muhri Fauzi Hafiz mengatakan kita harus sama-sama mengawal proses Pilkada.

“Karena negara juga sudah mengamanatkan agar ASN, TNI dan Polri netral pada pelaksanaan pilkada dan pemilu,” pungkas Fauzi.

Terpisah, Kasubdit Penmas Bidang Humas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan menampik tudingan tersebut. Ia menyampaikan dugaan yang diutarakan mahasiswa itu tidak benar.

“Tidak betul itu, jangan macam-macamlah, enggak mungkin itu. Jangan sembarang menuduh. Apalagi Kapolda tidak memiliki famili di sini, janganlah macam-macam,” ucapnya dari ujung telepon seluler, Rabu (25/4/2018).

Awalnya massa yang tidak diijinkan masuk sempat memanas dengan mengguncang pagar kantor DPRD Sumut.

Tak lama aksi para mahasiswa, perwakilan DPRD Sumut langsung menjumpai massa yang sedang berorasi.

Massa mahasiswa ini terdiri dari berbagai kampus, yakni dari Unimed, UINSU, Darmawangsa, Trigunadarma, STKIP-P, UMN, Amir Hamzah dan UMSU.

 

To Top