Berita

Hadiri Kerapatan Adat Kesultanan Langkat, Fauzi: Kita Harus Taat Pada Pemimpin

Bangfauzi.com – Anggota komisi A DPRD provinsi Sumatera Utara Muhri Fauzi Hafiz yang biasa dipanggil Bang Fauzi, Rabu (6/12/2018), menghadiri acara Rapat Kerja Kerapatan Adat Kesultanan Negeri Langkat di Stabat.

Acara yang langsung dipimpin oleh Yang Mulia Tuanku Sultan Azwar Azis, berlangsung dengan khidmat dan lancar.

Menurut Bang Fauzi, kelompok Masyarakat Adat sangat berperan besar bagi terjaganya kebudayaan daerah dan kearifan lokal.

Pemerintah sesungguhnya memiliki kewajiban untuk melindungi hak-hak masyarakat adat khususnya masyarakat adat kesultanan Langkat yang memiliki historis bagi lahirnya peradaban bangsa dalam bingkai NKRI.

Bang Fauzi, yang juga putera Melayu Langkat dalam kesempatan ini, menyebutkan, bahwa melalui Yang Mulia Sultan Langkat bersama kedatukan dan kejuruan harus memperhatikan upaya-upaya membangkitkan bangsa Melayu dengan semangat perjuangan, harus terus digerakkan.

Kerapatan adat kesultanan Langkat yang sudah diakui sebagai rumah besar dan resmi harus dapat menampung segala asa dan cita-cita masyarakat demi mewujudkan kesejahteraan bersama.

“Kata kuncinya adalah taat pada pemimpin, bersatu hindari perpecahan, bulat kata dengan mufakat dan bermanfaat bagi sekitarnya,” kata Fauzi.

Kehadiran masyarakat adat Melayu di bumi Langkat bukanlah tak memiliki karya nyata. Di tahun 1900-an masa Sultan Langkat dahulu, sudah berdiri sekolah dengan sistem pengajaran buang moderen.

Bahkan, bukti-bukti peninggalan sejarah Melayu sudah banyak ditemukan. Demikian besarnya peran suku Melayu bersama Kerapatan Adat dan kesultanan Langkat.

“Mudah-mudahan selanjutnya pemerintah daerah provinsi Sumatera Utara dan pemerintah daerah kabupaten Langkat dapat memperhatikan keberadaan kelompok masyarakat adat dengan melahirkan peraturan daerah,” ungkap Muhri Fauzi Hafiz.

To Top