Opini BangFauzi

Caleg Muda Harus Bisa Tonjolkan Integritas

Bangfauzi.com – Aktifitas pekanan yang melelahkan pastinya sudah dilewati oleh sahabat Bang Fauzi dimanapun berada, maka dua hari ini semoga merupakan hari-hari terbaik yang sahabat Bang Fauzi miliki.

Melanjutkan tips sebelumnya yang pernah Bang Fauzi sampaikan disini buat para Bacaleg / Caleg Muda yang berbakat dan berani untuk maju pada Pemilu 2019 nanti melalui jalur partai politik ( Parpol), adalah sebagai berikut, diketahui setelah #Niat hal kedua yang harus diperhatikan adalah integritas.

Kita sebagai Caleg Muda harus mampu menonjolkan #integritas yang kita miliki. Mulai dari sikap pribadi yang kita punya, lalu kejelasan status pendidikan yang kita punya, sampai asal usul keluarga dan visi-misi kita untuk maju menjadi Caleg Parpol pada Pemilu 2019 nanti, adalah merupakan satu kekuatan lain yang harus kita bangun setelah niat. Integritas merupakan sesuatu yang layak kita tonjolkan kepada calon pemilih kita.

Teman-teman yang menjadi Caleg Muda, mulai saat ini harus berani menonjolkan integritas pribadi yang dimiliki, saran  Bang Fauzi agar mulai menulis riwayat hidup yang dimiliki dengan selengkapnya. Biodata pribadi tidak boleh sekedar hanya nama dan riwayat organisasi saja, namun, biodata pribadi teman-teman Caleg Muda harus menjelaskan keluarga asli yang kita miliki.

Hal ini penting agar calon pemilih kita lebih mengenal kita sebagai anak muda dengan lengkap. Kecenderungan pemilih dewasa yang sudah berulang kali ikut Pemilu, akan bertanya anak siapa si-Anu itu? Siapa kakek-nya? Siapa omak-nya? Pertanyaan nya sepele, namun, jawaban tentang asal-usul keluarga besar kita sebagai Caleg Muda memiliki kekuatan yang dapat mempengaruhi pilihan.

Selain itu, ketrampilan dan prestasi teman-teman Caleg Muda juga harus dituliskan agar diketahui, jangan sungkan, jangan malu, kita sedang berada dimasa yang semua harus kita ceritakan sebagai kebaikan. Prestasi sekecil apapun yang pernah teman-teman Caleg Muda miliki harus berani disebut-sebut. Sesuaikan dengan kondisi yang ada. Pahami bahwa para pemilih kita masih membutuhkan kepercayaan bahwa kita layak untuk dipilih, salah satunya dengan prestasi yang pernah kita punya.

Integritas lainnya yang lebih kuat bisa mempengaruhi pemilih adalah akhlak yang terpuji yang tampak pada penampilan dan sikap kita. Hal ini memang agak sulit bagi kita untuk menonjolkan, namun, kita bisa memperbaiki apa yang kurang untuk menjadi lebih baik lagi. Minimal dalam bahasa lisan kita. Berbicara dengan santun, memberikan penghormatan buat yang lebih tua, tampil dengan pakaian rapi dan bersih, dan hal lainnya yang berkaitan.

Pastikan kita mengenal siapa kita? Ketahui keburukan pribadi yang kita sudah terbiasa lakukan, keterbatasan akhlak yang kita punya. Maka, jika dua (2) hal ini bisa konsisten kita jaga, Saya pikir, mudah-mudahan integritas yang para teman-teman Caleg Muda miliki bisa memikat calon pemilih kita.

To Top