Opini BangFauzi

Kaum Muda Dalam Mengawal Tata Kelola Hukum

Bangfauzi.com – Secara umum hukum dapat kita artikan sebagai aturan yang mengatur sikap, tingkah laku dan hubungan kemasyarakatan kita baik sesama tetangga sampai berbangsa dan bernegara. Hukum hadir untuk menata agar seluruh kepentingan kita hidup berkelompok dan bermasyarakat bisa tertata secara berkesinambungan.

Pemahaman secara umum tentang hukum seperti tersebut di atas sejalan dengan apa yang dikatakan Imam Al Ghazali ratusan tahun silam, menyatakan bahwa tujuan utama syariah / hukum, adalah mendorong kesejahteraan manusia yang terletak pada perlindungan terhadap agama mereka (diin), perlindungan terhadap diri (nafs), akal, keturunan dan harta benda (maal).

Kehadiran hukum untuk kesejahteraan manusia. Mengawal semua aktivitas kehidupan kita sehari-hari.

Oleh karena itu, pengawalan terhadap proses tata kelola hukum menjadi satu hal yang penting untuk diperhatikan oleh semua pihak, terutama kaum muda.

Dialog publik forum silaturahmi Mahasiswa Sumatera Utara

Bahwa kaum muda memiliki kepentingan yang banyak bagi masa depan bangsa dan negara ini, sehingga jika tidak berani mengawal tata kelola hukum yang berjalan tantangannya adalah terabaikan semua harapan dan cita-cita yang luhur.

Kaum muda dengan idealismenya, keberanian dan tantangan masa depan harus berada di depan untuk mengingatkan para pemegang kekuasaan agar menjalankan amanat rakyat dengan sesuai aturan hukum yang berlaku.

Muhri Fauzi Hafiz sebagai pembicara dialog publik forum silaturahmi Mahasiswa Sumatera Utara

Ada tiga tantangan yang harus dikawal oleh kaum muda dalam proses tata kelola hukum di Sumatera Utara saat ini. Pertama, tegaknya hukum pada pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba. Ini adalah permasalahan yang harus diperhatikan oleh kaum muda.

Hukum dan pengelolaan nya tidak boleh bermain mata dalam permasalahan ini. Sebab, Narkoba sudah banjir dimana-mana dan membunuh masa depan banyak orang. Untuk diketahui, perkembangan terkini menyebut bahwa Sumatera Utara berada dalam peringkat 3 besar di Indonesia dalam permasalahan narkoba.

Kedua, tegaknya hukum pada pemberantasan korupsi. Saya fokuskan persoalan ini pada sektor politik pemerintahan. Kita ketahui saat ini melakukan Pilkada serentak 2018 di provinsi dan kabupaten / kota. Ini adalah proses kita memilih pemimpin yang akan mengatur dan berperan terhadap pengelolaan hukum dan program pembangunan kesejahteraan masyarakat.

Kaum muda harus kawal proses ini agar bebas dari intervensi, kaum muda harus kawal proses ini tanpa ada politik uang yang akan merugikan masyarakat. Kaum muda harus turun tangan mencerdaskan masyarakat agar pahami pentingnya memilih kepala daerah berdasarkan rekam jejak, integritas dan prestasi.

Jika kepala daerah yang terpilih tanpa integritas hanya mengandalkan kapital maka yang akan terjadi adalah penyalahgunaan wewenang yang akhirnya hak-hak rakyat terabaikan. Politik uang ini lebih kejam daripada politik sara dan lainnya, karena yang dikorbankan adalah kepentingan masyarakat.

Ketiga, pengawalan terhadap tegaknya hukum yang mengedepankan keadilan. Agar hukum dirasakan masyarakat maka semua sama Dimata hukum tidak tajam ke bawah tumpul ke atas. Semua berhak mendapatkan pelayanan hukum yang baik dan benar. Kaum muda harus turun mengawal ke-3 hal tersebut.

To Top