Berita

DPRD Sumut Akan Panggil Produsen Bolu Meranti dan Risol Gogo Soal Sertifikasi Halal

Bangfauzi.com – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Wilayah Sumut menyatakan sikapnya melalui Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika (LP POM MUI SU) berkaitan dengan tersebarnya informasi tentang status produk Bolu Meranti dan Risol Gogo.

Surat yang ditandatangani Prof Dr H Ramli Abdul Wahid Ketua Komisi Fatwa dan Prof Dr Ir H Basyaruddin Direktur LPPOM MUI Sumut yang melibatkan LPPOM MUI Provinsi Sumut dengan ini disampaikan penjelasan sebagai berikut:

Bolu Meranti di Produksi oleh Perusahaan CV Cipta Rasa Nusantara yang teralamat di Jl Kruin No. 2 K Medan, perusahan ini telah mendapatkan Sertifikasi Halal dari LPPOM MUI Sumut dengan No. Sertifikat Halal 09100001610107 berlaku 2 April 2013 sampai dengan 1 April 2015. Pada tahun 2015, setelah masa sertifikat berakhir, perusahaan tersebut kembali mengajukan perpanjangan Sertifikat Halal pada April 2015.

Dalam proses perpanjangan, setelah dilakukan audit, perusahaan ini tidak dapat pelengkapi persyaratan untuk memenuhi standar Sertifikasi Halal/Sistem Jaminan Halal, sampai batas waktu yang ditentukan.

Tanpa ada informasi, perusahaan tersebut tidak bersedia memenihi permintaan penyempurnaan persyaratan proses sertifikasi halal sehingga proses sertifikasi tidak dapat diselesaikan dan sertifikat tidak dapat diterbitkan lagi.

Sementara itu Risol Gogo diproduksi oleh Perusahaan Risaol Spesial Gogo yang beralamat di JL Mojopahit No. 53 Medan, perusahaan ini telah mendapatkan sertifikat halal dari LPPOM MUI Sumut dengan No. Sertifikat halal 09200002980210 berlaku 23 Februari 2010 sampai dengan 22 Februari 2012. Pada tahun 2012 setelah masa sertifikat berakhir, perusahaan tesebut tidak ada mengajukan perpanjangan sertifikat halal.

LPPOM MUI Sumut telah mengirimkan surat pemberitahuan agar dilakukan audit ulang dalam waktu 3 bulan sebelum habisa masa berlaku Sertifikat Halal. Tetapi perusahaan yang bersangkutan tidak melakukan proses perpanjangan sertifikat halal sampai waktu yang telah ditentukan, sehingga sertifikat halal tidak dapat diterbitkan.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka baik perusahaan Bolu Meranti (CV Cipta Rasa Nusantara) maupun Risol Spesial Gogo tidak memiliki sertifikat halal yang diterbitkan oleh LPPOM MUI Sumut sebagai Lembaga Sertifikasi Halal di Sumut. Dengan demikian LPPOM MUI Sumut sebagai lembaga sertifikasi resmi Sumut tidak bertanggung jawab atas tindakan pemasangan Logo Halal LPPOM MUI Sumut yang dilakukan oleh dua perusahaan tersebut.

Wakil ketua komisi A DPRD Provinsi Sumatera Utara, Muhri Fauzi Hafiz, meminta agar pihak produsen ke-2 produk tersebut di atas segera memenuhi hak-hak konsumen terhadap jaminan produk halal.

Seruan ini saya sampaikan agar bagi masyarakat yang sudah menjadikan ke-2 produk makanan tersebut di atas, bisa dengan nyaman dan pasti mendapatkan jaminan kehalalan atas produk tersebut.

Jika belum juga ditindak-lanjuti, Muhri Fauzi Hafiz, berjanji akan memanggil MUI dan produsen bolu Meranti dan risol gogo ke DPRD Provinsi Sumatera Utara.

 

To Top