Berita

SAN Sumut Apresiasi Positif Pilot Maskapai Terbukti Narkoba Dicabut Izin Terbangnya

Bangfauzi.com – Muhri Fauzi Hafiz Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Satuan Tugas Narkoba (SAN) Sumatera Utara, memberikan apresiasi yang positif terhadap kinerja aparat kepolisian yang sudah menangkap dan mencabut lisensi terbang pilot maskapai Lion Air yang tertangkap menggunakan narkoba saat bertugas.

“Disisi lain kita mengaku prihatin terkait peredaran Narkoba yang nyaris tidak terkendali. Kita tahu bahwa seorang pilot adalah profesi yang terdidik dan terlatih, apalagi memiliki tanggung jawab yang besar,” ujar Muhri Fauzi Hafiz saat dihubungi, Kamis (7/12/2017).

Pria yang kerap disapa Bang Fauzi ini pun mengingatkan kepada pemilik maskapai baik Pemerintah dan BUMN dan swasta agar sungguh-sungguh mengawasi dan melaksanakan test urine bagi para pilot dan awak kabin yang menyertai.

Pasalnya keselamatan penumpang merupakan prioritas utama yang harus diperhatikan oleh pihak maskapai. Bagaimana mau mengutamakan keselamatan jika pilot ternyata terbukti mengkonsumsi narkoba?

Sementara itu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadimemastikan, mencabut lisensi terbang pilot Lion Iar, MS (48), yang tertangkap tangan mengisap sabu.

 

“Kami tindak tegas ya. Kami akan cabut lisensinya,” ujar Budi saat dijumpai di Istana Kepresidenan Bogor, Rabu (6/12/2017).

Budi mengakui, banyak pilot yang bergaya hidup tidak sehat. Salah satunya dengan mengonsumsi narkotika dan minuman keras.

Oleh karena itu, Kemenhub menggandeng Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk meneliti fenomena gaya hidup para pilot tersebut. Harapannya, Kemenhub dapat merancang kebijakan untuk mencegah pilot menggunakan narkotika.

“Kami dan BNN memang bersama-sama meneliti lifestyle pilot-pilot ini. Kami akan meneliti ini lebih jauh. Insya Allah kita akan lihat hal apa yang prinsipil dan dapat kami lakukan,” ujar dia.

Saat ditanya apakah ada sanksi bagi maskapai penerbangan asal pilot, Menhub belum dapat memberikan komentar lebih jauh.

Diberitakan, oknum pilot Lion Air JT 92 berinisial MS (48) tertangkap tangan sedang mengisap sabu, Senin (4/12/2017) malam. Ia membawa sabu di dalam dompetnya.

Kapolres Kupang Kota AKBP Anthon Christian Nugroho mengatakan, sabu itu diselipkan di dompet milik MS yang dibawa dari Tangerang.

To Top