Opini BangFauzi

Bank Sumut Butuh Modal

Bangfauzi.com – Saya berpendapat bahwa untuk bisnis perbankan dalam situasi perekonomian nasional yang belum kokoh saat ini, harus diakui memang butuh perhatian besar.

Menurut Saya, PT Bank Sumut adalah Badan Usaha Milik Daerah atau BUMD, yang sudah wajib kita jaga bersama. Sebab, namanya perbankan kegiatan ekspansi bisnis memang harus dilakukan, penyaluran pembiayaan dan pengembangan SDM menjadi bagian yang tidak terpisahkan.
Sehingga membutuhkan banyak biaya.

Saya sering mendengar cerita kawan-kawan dimana sebagian besar berpendapat, diantaranya, seakan-akan menambah modal dari APBD itu salah. Dianggap daripada dikasi ke Bank Sumut lebih baik digunakan untuk pembangunan jalan dan jenis infrastruktur lainnya sehingga langsung dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Pembangunan infrastruktur jalan dan lainnya dalam APBD itu termasuk komponen Belanja Daerah. Artinya belanja ya habis dan tak dikembalikan. Nilai yang bertambah mungkin adalah aset pemerintah.

Berbeda dengan Penyertaan modal kepada PT Bank Sumut. Meskipun sama dari APBD, namun, uang akan balik dalam bentuk pendapatan daerah.

Selain itu, penempatan uang pada bisnis perbankan seperti Bank Sumut sebenarnya adalah kegiatan yang aman. Karena bisnis perbankan adalah bisnis yang sudah mapan, bahkan sistematis, kekhawatiran dengan resiko uang hilang dan tak menguntungkan juga kecil.

Dibandingkan dengan belanja daerah yang bisa dikorupsi dan bocor sehingga tak berkualitas, saya pikir Penyertaan modal kepada PT Bank Sumut jauh lebih baik.

Bank Sumut butuh modal, sebab, untuk bisa meningkatkan pendapatan daerah maka uang yang harus disalurkan juga sepatutnya juga banyak. Selain itu, kegiatan spin off unit usaha syariah yang direncanakan pada tahun 2018 mendatang merupakan program ekspansi bisnis yang menjanjikan sesuai trend yang terjadi di masyarakat.

Kegiatan spin off tersebut membutuhkan modal yang besar, sesuai dengan ketentuan perbankan nasional, maka itu Pemerintah provinsi Sumatera Utara melalui Gubernur sebagai pemegang saham pengendali PT Bank Sumut sudah layak memberikan penambahan Modal.

 

To Top