Berita

Aktifitas Galian C Makin Brutal di Langkat, Fauzi Minta Ditertibkan

Bangfauzi.com – Anggota Fraksi Partai Demokrat DPRD Sumatera Utara (Sumut), Muhri Fauzi Hafiz menantang pemerintah daerah bersama kepolisian untuk berani mengambil langkah tegas terhadap aktifitas Galian C di kawasan Kabupaten Langkat.

Menurut wakil rakyat dari daerah pemilihan Binjai dan Langkat ini, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) dibantu Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Poldasu) harus segera menghentikan (moratorium) kegiatan pengerukan sungai yang semakin hari, semakin brutal dan tak terkendali ini.

“Saya menerima banyak sekali laporan yang mengeluhkan aktifitas Galian C di Kabupaten Langkat. Bahkan dalam kunjungan saya ke lapangan, saya menemukan bahwa semakin tak terkendali. Bahkan merusak lingkungan dan pelestarian serta mengancam jiwa. Jadi ini harus segera dilakukan,” ujarnya, Jumat (10/11/2017) jam 16.00 WIB.

Baru-baru ini, Muhri melakukan ekspedisi Jelajah Bahorok bersama anggota DPD RI, Dedi Iskandar Batubara. Di sana dia menemukan bukti laporan keluhan warga terkait aktifitas tambang di aliran sungai itu.

Muhri Fauzi Hafiz saat bersama Dedy Iskandar Batubara di Bahorok

Menurutnya, pengerukan pasir atau batu di kawasan wisata itu telah berdampak buruk terhadap beberapa hal yang berujung pada ancaman perusakan lingkungan dan keselamatan jiwa.

“Bahorok adalah salah satu tempat wisata andalan Sumatera Utara, jadi keindahan alam dan lingkungannya menjadi rusak. Arus sungai dan kejernihan airnya berefek negatif terhadap pariwisata di sana. Tak hanya itu, jalanan menjadi rusak akibat truk pengangkut Galian C yang kelebihan berat. Saya menjadi sedih, kenapa kalau untuk mencari keuntungan semata, kok merugikan banyak orang? Makanya kita desak ini harus segera dihentikan,” ujarnya.

Selain itu, target pengusaha Galian C yang mendesak para supir truk mengabaikan keselamatan diri dan lingkungan sekitar. Hal itu mengakibatkan para supir sering kebut-kebutan sehingga mengancam nyawa. Belum lagi, debu yang beterbangan, mengganggu pernafasan. Bagaimana Langkat akan maju jika kebrutalan Galian C ini dibiarkan terus?” jelasnya.

Muhri mengatakan, Kabupaten Langkat punya segudang potensi yang seharusnya dapat didukung oleh semua pihak, sehingga menjadi maju dan berkembang. Salah satunya adalah melalui pariwisata yang sudah mendunia.

Namun, melihat masifnya perusakan lingkungan tanpa pengawasan dan pengendalian yang serius, maka hal itu cukup sia-sia. Karena itulah, anggota Komisi A DPRD Sumut yang salah satu tugasnya membidangi persoalan hukum dan pemerintahan ini mendesak Gubsu dan Kapolda memberikan perhatian atas persoalan ini.

“Pemprovsu dapat mencabut izin penambangan dan Polda bisa menangkap mereka yang melakukan perusakan. Tapi menurut saya, sudah saatnya hal itu dihentikan saja demi kemaslahatan masyarakat Langkat,” ujarnya. (san)

To Top