Berita

Solusi yang Bisa Ditawarkan Agar Penduduk Miskin Bisa Berkurang Signifikan

Bangfauzi.com – Anggota komisi C DPRD Sumut Muhri Fauzi Hafiz, mengaku prihatin dengan belum adanya pengurangan yang signifikan terhadap pengurangan jumlah penduduk miskin di Sumut.

Seperti yang diungkapkan Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut, mulai dari September 2016 hingga Maret 2017 angka kemiskinan di Sumut hanya turun 1.320 orang.

Padahal, kata Muhri Fauzi, Pemprovsu selama ini menyebut banyak memiliki program pengentasan kemiskinan. Seperti pengendalian angka inflasi maupun pengembangan usaha kecil.

Dengan dana anggaran yang ada, lanjutnya, Pemprovsu harus memiliki program yang sesuai dan bisa implementasikan dengan serius serta tepat sasaran. “saya menilai belum ada keseriusan dari SKPD,” ujarnya lagi.

Politisi Partai Demokrat ini juga menyebut naiknya harga barang, tarif dasar listrik maupun bahan bakar minyak (BBM) hingga kebutuhan pokok adalah beberapa penyebabnya.

“Dengan naiknya TDL serta kebutuhan pokok, pastinya akan berdampak terhadap lambatnya penurunan angka kemiskinan yang belum miskin pasti akan menjadi miskin,” katanya.

Persoalan penduduk miskin tentunya tidak boleh hanya menunggu pemerintah pusat.

Sebagai perpanjangan pemerintah pusat di daerah, Pemerintah provinsi juga memiliki tanggung jawab yang sama dalam upaya mengurangi jumlah penduduk miskin di daerah.

Menurut Muhri Fauzi Hafiz, ada lima program yang bisa menjadi bagian dari peran serta pemerintah daerah untuk mengurangi jumlah penduduk miskin.

Pertama, meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD), sehingga program pembangunan dan belanja daerah bisa direalisasikan. Kedua, tertib realisasi belanja, sehingga keterlambatan proses pembangunan bisa diatasi dan manfaat pembangunan bisa mendukung kegiatan ekonomi seperti konsumsi, produksi dan distribusi.

Ketiga, optimalisasi peran tim pengendali inflasi daerah (TPID). Keempat, prioritas pengembangan usaha mikro, kecil dan koperasi, sehingga bisa membantu akses penduduk miskin kepada sektor keuangan.

Kelima, meningkatkan investasi daerah, dengan menjaga kondusifitas daerah sehingga ramah dengan investor.

APBD provinsi Sumatera Utara bisa sebab, dari 13 triliun rupiah jika sungguh-sungguh menempatkan anggaran maka upaya mengurangi jumlah penduduk miskin bisa dicapai.

To Top