DPRD Sumut

Perda Inisiatif DPRD Sumut Tentang Bahasa Dipuji Tengku Erry Nuradi

Bangfauzi.com – Gubernur provinsi Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi, memuji upaya baik yang dilakukan oleh kalangan DPRD Provinsi Sumatera Utara melalui Ranperda Inisiatif tentang Pengutamaan Bahasa Indonesia dan Pelindungan Bahasa dan Sastra Daerah.

Melalui Pendapat Gubernur Sumatera Utara terhadap rancangan peraturan daerah inisiatif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi Sumatera Utara yang disampaikan pada rapat Paripurna DPRD Provinsi Sumatera Utara, 10/7, lalu, Gubsu Tengku Erry Nuradi, mengatakan, rasa terima kasih dan sangat antusias atas substansi materi Ranperda Inisiatif DPRD tersebut.

Menurut Gubsu, hal ini merupakan indikator besarnya perhatian anggota DPRD yang terhormat terhadap pembangunan daerah melalui pengutamaan bahasa Indonesia dan sastra daerah.

Sebab, dalam kedudukannya sebagai bahasa negara, bahasa Indonesia berfungsi sebagai bahasa resmi kenegaraan dan bahasa pengantar di lembaga resmi yang kita miliki. Disamping itu, kehadiran bahasa daerah juga patut diperhatikan sehingga bisa saling memperkaya.

Dalam pendapatnya, Gubsu juga menambahkan bahwa Ranperda Inisiatif ini merupakan wujud nyata kepedulian dan dukungan anggota Dewan terhadap upaya pengembangan, pembinaan, dan Pelindungan bahasa Indonesia, bahasa daerah, dan sastra daerah Sumatera Utara.

Di tempat terpisah, Parujung Godang mengatakan, ini merupakan terobosan baik yang patut didukung oleh pemerintah provinsi Sumatera Utara sehingga masyarakat bisa dilindungi dari pengaruh westernisasi yang sering masuk melalui bahasa.

Bahkan, jika perda ini nanti disahkan, dirinya yakin akan menjadi prestasi yang tercatat sejarah baik bagi DPRD Provinsi periode ini maupun Gubsu Tengku Erry Nuradi. Kita bisa melihat saat ini penggunaan bahasa asing sering menomorduakan bahasa Indonesia, sehingga bisa mengurangi rasa cinta kepada tanah air, ujarnya melalui pesan WhatsApp, Selasa 18/7. (Buya Soraya)

To Top