Sumut

Atasi Biarpet, Pemprovsu Pinjam Kapal Pembangkit Listrik Kapasitas 240 Megawatt

Bangfauzi.com – Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Pemprov Sumut Ilyas Sitorus mengatakan, Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi mengunjungi Istanbul, Turki, sejak Kamis (20/4/2017) lalu.

Menurut Ilyas, kunjungan itu dimaksudkan untuk menjalin kerja sama peminjaman Kapal Pembangkit Listrik atau Marrine Vessel Power Plant (MVPP) berkapasitas 240 Megawatt.

“Hari ini Pak Gubernur berangkat ke Istanbul, Turki untuk serah terima MVPP 240 MW. Keberadaan MVPP ini diharapkan dapat menutupi serta mengantisipasi terjadinya defisit listrik dalam jangka pendek di Sumut,” ujar Ilyas di ruang kerjanya Lantai III Kantor Gubernur Sumut Jalan Pangeran Diponegoro, Jumat (21/4/2017).

Seperti yang dilansir Tribun-Medan.com Ilyas mengatakan, kerjasama ini akan memberikan manfaat besar bagi Sumut karena bakal mengurangi persoalan listrik di Sumut.

Sejauh ini, Ilyas mengatakan belum mendapat kendala dalam kegiatan serah terima kapal pembangkut listrik tersebut.

Kapal itu akan diberangkatkan pada Minggu (23/4/2017) dan diperkirakan tiba di Pelabuhan Belawan, Selasa (23/5/2017) bulan depan.

“Karena jangka waktu pengirimannya itu satu bulan,” ujar Ilyas.

Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Pemprov Sumut Ilyas Sitorus.
Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Pemprov Sumut Ilyas Sitorus. (Tribun Medan/Nanda Fahriza Batubara)

Ilyas menambahkan, kedatangan kapal pembangkit listrik tersebut akan bersamaan dengan transmisi 275 Kilovolt yang menjadi bagian dari proyek Tol Listrik Sumatra dan dapat dioperasikan untuk mengevakuasi daya dari Sumatra Bagian Selatan dan Tengah ke Sumatra Bagian Utara sebesar 200 Megawatt.

“Kita berharap dengan adanya kapal ini tidak ada lagi masalah pemadaman di Sumut. Bukan hanya itu, kita juga berharap ke depan kerja sama PLN dan Pemprov Sumut dapat berjalan dengan baik,” kata Ilyas.

To Top