Ekonomi

E-Samsat Resmi Diluncurkan, Bank Sumut Tawarkan Tiga Cara Pembayaran

Bangfauzi.com – Bank Sumut yang bekerjasama dengan Samsat, resmi menggelar Grand Launching E-Samsat Paten dan Samsat Masuk Kampung, Senin (17/4/2017). Program ini memberikan kemudahan bagi masyarakat yang hendak membayar pajak berkendaraan bermotor.

Direktur Pemasaran PT Bank Sumut, Ester Junita Ginting mengatakan, acara Grand Launching ini merupakan lanjutan dari berbagai acara yang dilakukan sebelumnya. Pada Desember lalu Bank Sumut sudah menggelar soft launching E-Samsat Bank Sumut.

“Hari ini kita siap untuk melakukan pembayaran melalui ATM dan cabang, menerima pembayaran pajak kendaraan bermotor dengan beberapa layanan, dan ini hanya di Bank Sumut,” ujarnya saat diwawancarai di Lantai 10 Kantor Pusat Bank Sumut seperti yang dikutip Tribun-Medan.com.

Dijelaskannya, proses pembayaran pajak kendaraan melalui Bank Sumut, dilakukan melalui tiga channel, yakni di seluruh cabang Bank Sumut, ATM Bank Sumut dan SMS Banking.

“Bank Sumut siap memberi pelayanan yang terbaik. Jadi tidak perlu mengantre lagi, melalui Bank Sumut pembayaran pajak kendaraan lebih mudah,” ungkapnya.

Ia berharap, dengan adanya program ini, dapat turut serta meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat, dan meningkatkan PAD Pemprov dan daerah.

“Kata kuncinya dengan sistem ini, masyarakat tidak perlu antre lagi untuk membayar pajak kendaraan bermotor. Bank Sumut juga akan bekerjasama dengan tim Samsat untuk melakukam sosialisasi kepada masyarakat,” terangnya.

Tim Teknis Samsat Provinsi Sumut, yang sekaligus , Kepala Bidang PKB BBNKB Sumut, Viktor mengatakan, program E-Samsat Bank Sumut menaungi pajak kendaraan bermotor (PKB) dan sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas.

Diterangkannya, ketentuan umum program yakni, kendaraan atas nama pribadi, NIP Samsat sesuai dengan NIP bank, hanya pengesahan tahunan tanpa denda, dan kesesuaian KTP, sebab apabila KTP tidak sesuai maka sistem otomatis menolak.

Terkait vliditas data, NIK nasabah sama dengan NIK Samsat, masa berlaku STNK 1 tahun, dan H 60 masa pajak sudah dapat diproses.

“Yang gak dapat diproses kendaraan plat merah dan plat putih serta milik perusahaan,” katanya.

Mekanisme sederhana melalui website, android dan SMS, pembayaran dengan kode bayar. Setelah mendapat struk pembayaran langsung ditukar di kantor Samsat terdekat maksimal 14 hari ke depan. Adapun jam pelayanan melalui ATM, ditambahkannya, mulai pukul 00.01 sampai 22.00 Wib.

Selain itu, Bank Sumut dan Samsat juga bekerja sama untuk melakukan program Samsat masuk kampung. Pada awal ini, sebanyak 22 daerah di Sumut, akan mendapatkan layanan mudah untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor, tanpa harus mendatangi kantorSamsat. Sebab, Bank Sumut dan Samsat akan datang langsung ke kampung, untuk memberikan pelayanan terbaik.

Bank Sumut yang bekerjasama dengan Samsat, resmi menggelar Grand Launching E-Samsat Paten dan Samsat Masuk Kampung, Senin (17/4/2017). Program ini memberikan kemudahan bagi masyarakat yang hendak membayar pajak berkendaraan bermotor.

To Top