Aksi Kegiatan

Reses Di Desa Suka Rakyat Bohorok Muhri Fauzi Hafiz Minta Pemerintah Kabupaten Langkat Perhatikan Aspirasi Warga 

BANGFAUZI.com – Memasuki tahun ketiga masa persidangan periode 2014-2019, Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara dari fraksi partai Demokrat, Muhri Fauzi Hafiz, melakukan kegiatan reses di desa Suka Rakyat kecamatan Bohorok kabupaten Langkat, Sabtu (4/3/2017).

Saat bertemu dengan perwakilan masyarakat di dusun Sebatu, desa Suka Rakyat kecamatan Bohorok, Muhri Fauzi Hafiz, mengakui bahwa dirinya baru kali ini berkesempatan melakukan kegiatan reses di kampung kelahiran orang tuanya.

“Saya merasa senang bisa melakukan kegiatan reses pada tahun ini di kampung Sumpat atau Sebatu ini yang merupakan kampung tempat kelahiran Ayah dan keluarga besar kami. Terima kasih atas kesempatan yang terjadi sehingga pertemuan ini bisa dilaksanakan, semoga bisa memberi hasil terbaik bagi pembangunan kampung kita yang bersebelahan dengan kawasan perkebunan PT Lonsum yang berkantor pusat di kota Medan,” ujar Muhri Fauzi Hafiz, mengawali sambutannya dihadapan masyarakat yang hadir.

Kondisi jalan tanah yang melintasi perkebunan PT Lonsum ke desa Suka Rakyat

Muhri Fauzi Hafiz, menambahkan bahwa sudah sepatutnya pemerintah kabupaten Langkat memperhatikan perkembangan kampung Sumpat ini yang merupakan bagian dari wilayah kabupaten Langkat dan kecamatan Bohorok.

Apalagi diketahui lokasi desa Suka Rakyat ini dengan lima dusun yang ada berbatasan langsung dengan wilayah perkebunan swasta PT Lonsum, sehingga, seharusnya mendapatkan perhatian lebih demi terwujudnya amanat UUD 1945, yang diuraikan dalam peraturan perundang-undangan lainnya, menyebut bahwa desa-desa atau daerah terdekat dengan perusahaan BUMN/BUMD dan swasta memiliki hak atas dana sosial atau corporate social responsibility atau CSR.

Namun, faktanya yang dilihat, desa Suka Rakyat di kecamatan Bohorok ini seperti tidak mendapatkan perhatian dari pemerintah kabupaten Langkat dan pihak PT Lonsum. Untuk masuk ke desa saja infrastruktur jalan yang ada sama sekali tidak baik. Bahkan, jalan desa yang ada jika terjadi hujan tidak bisa dilalui karena masih jalan tanah.

Menurut Tengku Khairi, perwakilan masyarakat yang hadir, kondisi ini sudah bertahun-tahun terjadi, perhatian pemerintah kabupaten Langkat sangat minim terhadap pembangunan jalan desa dan sarana prasarana publik lainnya yang ada di Desa.

Apalagi yang berkaitan dengan dana sosial perusahaan PT Lonsum yang menjadi bagian daerah desa Suka Rakyat ini.

PT Lonsum terkesan tidak peduli dengan kehidupan sosial ekonomi rakyat di desa Suka Rakyat ini, demikian ujar Tengku Khairi kepada Muhri Fauzi Hafiz dan masyarakat yang hadir.

Menanggapi hal itu, di tempat yang sama, Muhri Fauzi Hafiz, menyampaikan agar pemerintah kabupaten Langkat berlaku adil dalam menjalankan program pembangunan daerah, perhatian terhadap kebutuhan warga desa Suka Rakyat di kecamatan Bohorok ini perlu menjadi prioritas diakhir periode masa jabatan bupati Ngogesa Sitepu.

Begitu pula, dengan pihak PT Lonsum harus berupaya proaktif memperhatikan kondisi sosial ekonomi masyarakat di sekitarnya, maka itu, Muhri Fauzi Hafiz anggota fraksi partai Demokrat asal daerah pemilihan kabupaten Langkat dan kota Binjai ini, berjanji, akan menyurati pihak manajemen PT Lonsum di kota Medan untuk mempertanggungjawabkan penggunaan dana sosial perusahaan yang sudah disalurkan dan pemanfaatan nya kemana saja, apakah sudah tepat sasaran atau hanya sekedar seremonial saja.

Jalan rusak tak kunjung diperbaiki

Seharusnya perubahan signifikan bisa dirasakan masyarakat desa Suka Rakyat ini yang daerahnya berdampingan dengan perusahaan besar seperti PT Lonsum ini, perlu diketahui bahwa dana sosial perusahaan adalah implementasi dari nilai-nilai nawacita pembangunan nasional yang digagas oleh pemerintahan presiden Jokowi saat ini.

Artinya jika hal itu tidak ditindak-lanjuti sampai level wilayah teritorial desa maka telah terjadi pelanggaran, kata Muhri Fauzi Hafiz mengakhiri.

Adapun seperti dalam rilisnya disebutkan juga bahwa kegiatan reses anggota DPRD provinsi Sumatera Utara tersebut, berlangsung dalam suasana kekeluargaan dihadiri kepala desa dan perangkat Desa,  juga tokoh-tokoh masyarakat sekitarnya, acara reses ditutup dengan doa dan pemberian bantuan dari Muhri Fauzi Hafiz, guna perbaikan jembatan gantung di kampung Sumpat desa Suka Rakyat, yang menghubungkan beberapa desa ke pusat kota kecamatan Bohorok. (Buya Soraya)

To Top