Berita

VIDEO: Putus Sekolah dan Pernah Jadi Anak Jalanan, Karmila Purba Kini Terkenal Jadi Lady Biker

BANGFAUZI.COM –  Pernah jadi anak jalanan dan putus sekolah menengah atas (SMA) tidak membuat Karmila Purba putus asa, dia terus mengasah kemampuannya menjadi lady biker “Tong Setan” dalam sebuah pasar malam.

Perkenalkan inilah srikandi pertama asal Sumatera Utara yang nekat sekaligus cukup berani menantang maut untuk menjadi joki motor dalam tong setan.

Aksinya ini langsung menyedot perhatian dunia. Melalui aksinya sebagai joki balap motor ‘Tong Setan’ atau Devil’s Barrel dalam karnaval tradisional menyedot perhatian dunia.

Karmila Purba, perempuan pemberani asal kota Pematang Siantar, bahkan sesekali menunjukkan kemampuan akrobatnya di dalam tong setan.

Seperti yang diperlihatkan dalam video atraksi Karmila. Dia sama sekali tidak menyesal sudah terjun di dunia ini, yang penting berasa dari rezeki yang halal. Tonton videonya di sini:

Di hadapan penonton di mampu melepaskan pegangan tangannya dari kemudi motor untuk menyambar uang saweran yang diberikan oleh para penonton.

Di usianya yang masih tergolong muda, 18 tahun, dia bahkan mampu mengirim uang secara reguler pada orang tua yang tadinya sangat menentang pekerjaannya ini.

“Mau apa lagi bang, sudah terlanjur terjun di sini. Mereka mau gak mau harus menerima,” ujar Karmila yang dijumpai usai melakukan atraksinya di Marendal 5, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, Kamis (18/8/2016).

Aksi Karmila saat menyambar uang yang diberikan oleh penonton atas aksinya (The Guardian/Dedi Sinuhaji/EPA)

Hal ini lah yang melatarbelakangi Dedi Sinuhaji yang kini bekerja pada European Pressphoto Agency (EPA).

Berkat jasa Dedi lah Karmila bisa dikenal oleh dunia internasional, banyak media luar negeri memuat berita tentangnya.

“Karmila Purba, an 18-year-old female motorbike rider, draws crowds of spectators as she performs in a show known locally as ‘Tong Setan’, or Devil’s Barrel,” tulis TheGuardian.

(Karmila Purba seorang pembalap perempuan sepeda motor berusia 18 tahun, menarik perhatian kerumunan penonton saat dia tampil di sebuah pertunjukan lokal ‘Tong Setan’ atau Devil’s Barrel).

Sementara itu agensi berita EFE milik pemerintah Spanyol menulis:

“The crowds at the traditional night carnival in Deliserdang, North Sumatra, marvel at the daredevil motorbike riders who each night perform daring stunts inside a barrel known as ‘Tong Setan’, or ‘Devil’s Barrel’.”

(Penonton dalam karnaval tradisional di Deliserdang, Sumatera Utara, mengagumi pembalap sepeda motor pemberani yang tampi setiap malam sebagai joki di dalam tong/barrel yang dikenal sebagai ‘Tong Setan’ atau Devil’s Barrel).

Sebelumnya Dedi telah melakukan penjajakan terhadap sosok Karmila, dia mengaku telah mendengar namanya sewaktu tampil di Siantar.

Namun karena keterbatasan waktu, dia tidak punya kesempatan untuk mengenal sosoknya.

Barulah setelah Karmila, tampil di Deliserdang, Dedi bisa berkesempatan bertemu dengannya.

“Awalnya teman fotografer yang memberitahu dia sedang main di ‘Tong Setan’ aku tanya, dia main di mana? ‘Di Marendal katanya’, ku bilang mantab nih,” katanya.

To Top