Berita

Inilah Aspirasi Masyarakat Dalam Kegiatan Reses Anggota DPRD Sumut asal Binjai – Langkat

HASIL-HASIL RESES

PERTEMUAN DENGAN KONSTITUEN DI KABUPATEN LANGKAT

Kecamatan Stabat

  1. Mohon bantuan untuk pengaspalan Jalan Pantai Pakam Dusun Serbaguna Kelurahan Karang Rejo Kecamatan Stabat sepanjang 4 m x 800 m.
  2. Mohon bantuan untuk pembuatan Paret Beton Jalan Pantai Pakam Dusun Serbaguna Kelurahan Karang Rejo Kecamatan Stabat.
  3. Mohon bantuan Baju Seragam untuk ibu-ibu perwiridan yang ada di Kelurahan Karang Rejo Kecamatan Stabat.
  4. Mohon bantuan Rehab Atap Mesjid At-Taqwa di Dusun Serbaguna Kelurahan Karang Rejo Kecamatan Stabat.
  5. Masyarakat mengharapkan agar pemerintah melakukan pembinaan kepada pemuda/i terhadap bahaya narkoba.
  6. Masyarakat menyampaikan bahwa para orang tua sangat resah dengan adanya warnet-warnet yang buka sampai pagi. Selain daripada itu banyak anak-anak yang membuka situs-situs porno. Untuk hal ini agar pihak-pihak terkait dapat pro aktif dalam menertibkan dan merazia warnet-warnet tersebut.
  7. Para pensiunan PTPN II yang ada di Kelurahan Karang Rejo Kecamatan Stabat memohon bantuan ternak 100 ekor kambing ataupun modal usaha.
  8. Masyarakat sangat mengharapkan perhatian yang serius dari Pemerintah terhadap kondisi jalan yang ada di Langkat Hulu, dimana jalan tersebut kondisinya sudah sangat rusak sehingga sangat sulit untuk dilalui, sedangkan masyarakat setiap hari harus melewati jalan tersebut, sehingga waktu yang ditempuh untuk ke kota menjadi lebih lama karena jalan yang rusak tersebut, sedangkan sebahagian masyarakat setiap harinya melakukan aktivitas dari Langkat Hulu ke kota.
  9. Masyarakat sangat mengharapkan bantuan dari Pemerintah, khususnya pemerintah Provinsi Sumatera Utara, untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Perikanan, berupa ikan dan pembuatan Laboratorium untuk sekolah perikanan yang ada di Kabupaten Langkat.
  10. Proses pembangunan jalan yang ada di Desa Tanjung Pasir, yang sampai saat ini belum jelas pembangunannya, sedangkan masyarakat sudah semakin resah, karena rusaknya jalan tersebut dan banyak menimbulkan debu, sehingga masyarakat setiap harinya harus menghidup debu-debu tersebut, yang semakin hari semakin banyak.
  11. Para Guru-Guru di daerah ini sangat mengharapkan bantuan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara agar kiranya dapat memberikan Beasiswa bagi guru-guru yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S2, karena kalau harus melanjutkan S2 dengan biaya sendiri banyak yang tidak mampu.
  12. Masyarakat sangat mengharapkan bantuan dari Pemerintah, khususnya pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk memberikan modal usaha kepada para ibu-ibu agar dapat menambah penghasilan keluarga.
  13. Banyaknya jalan-jalan yang belum pernah tersentuh sama sekali oleh aspal dan pembangunan, untuk itu diharapkan perhatian Pemerintah akan hal ini, agar masyarakat lebih mudah untuk keluar dari desa ke kota.
  14. Kepala Dusun II Cinta Damai Desa Pantai Gemi menyampaikan bahwa generasi muda saat ini sangat kurang mendapat pendidikan agama karena disamping kurangnya sarana dan prasarana dalam menjalankan pendidikan dibidang agama seperti Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) ini, Pemerintah juga sepertinya kurang memperhatikan kelangsungan pembelajaran sekolah Agama ini tidak seperti sekolah formal lainnya yang mendapat bantuan dana BOS dari Pemerintah ,  Madrasah yang ada di Desa Pantai Gemi hanya mengandalkan dana dari masyarakat sehingga di khawatirkan anak-anak tidak mempunyai bekal Agama yang baik, dalam hal ini Kepala Dusun mengharapkan agar masalah ini dapat dimasukkan kedalam Anggaran Daerah sebagaimana sekolah formal lainnya.
  15. M.Zulham Ketua Yayasan Kurnia Stabat menyampaikan bahwa Sekolah yang bernaung dalam yayasan kurnia tersebut sa’at ini kewalahan dalam menampung siswa yang ingin bersekolah di sekolah yang mereka kelola karena ketiadaan lokal yang memadai , dalam hal ini mereka memohon agar mendapat bantuan pembangunan lokal di sekolah mereka.
  16. Ketua Pokja III PKK Desa Pantai Gemi menyampaikan agar Ibu-ibu di Desa Pantai Gemi dibantu dalam hal mendapatkan pelatihan-pelatihan seperti Kerajinan Tangan atau cara bertanam tanaman Toga di polybag yang benar dan lainnya agar mereka dapat meningkatkan produktivitas mereka yang berdampak kepada perekonomian mereka.
  17. Kepala Dusun III/A menyampaikan bahwa Dusun mereka selalu banjir bila hujan dikarenakan air yang berasal dari PTPN IX dan Kwala Begumit selalu mengalir ke dusun mereka karena letak dusun yg lebih rendah sehingga bila hujan datang selalu banjir , jadi mereka mengusulkan agar air yang datang dari PTPN IX, Kwala Begumit tersebut dapat di alirkan ke Sungai Dendang dengan membuat parit yang pendanaannya dapat ditampung dalam anggaran pemerintah setempat.
  18. Masyarakat Pantai Gemi juga menyampaikan masalah pertanian yang selalu gagal panen dikarenakan pengairan yang belum baik dan selalu tergenang air bila hujan. Diharapkan agar dapat segera dibangun irigasi dan membuat bronjong dipinggiran jalan desa Pantai Gemi agar tidak terkikis/runtuh terkena banjir.
  19. Ketua Majelis Taqlim yang juga seorang Guru Sekolah menyampaikan bahwa perlunya ditambah pelajaran Agama dalam kurikulum sekolahkarena selama ini dirasa sangat kurang yaitu hanya dua jam seminggu dan dianggap tidak mungkin bisa membina anak-anak dengan maksimal dengan jam belajar agama yang sedikit, diharapkan agar Dinas Pendidikan dapat segera memperhatikan hal ini.
  20. Sanggar Delima Pantai Gemi mohon bantuan Kostum Pakaian Adat karena selama ini bila tampil selalu menyewa baju khususnya pakaian Adat Melayu.
  21. Pemuda Desa Pantai Gemi menyampaikan bahwa kebanyakan mereka tidak mendapat pendidikan formal dan hanya sedikit yang  memiliki pendidikan formal sampai SD saja  untuk ini mereka memohon agar dapat diberikan pendidikan dan pelatihan agar nantinya mereka dapat memiliki keahlian untuk menjadi mata pencaharian mereka kedepannya.
  22. Pemuda Desa Pantai Gemi juga mengharapkan bantuan sarana dan prasarana Olah raga , kesenian dan kebudayaan untuk menambah kegiatan para pemuda , hal ini juga salah satu upaya untuk mencegah masuknya Narkoba ke kehidupan mereka.
  23. Masyarakat Kecamatan Stabat Kabupaten Langkat mengharapkan kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara agar dapat membuat Peraturan Daerah mengenai pelestarian adat-adat di Sumatera Utara ini khususnya adat melayu.
  24. Bantuan kepada Mesjid Raya Stabat Kabupaten Langkat serta perehaban dan pengecatan pagar makam di belakang mesjid Raya Stabat.
  25. Masyarakat Kecamatan Stabat mengharapkan agar Pemerintah Propinsi Sumatera Utara dapat mengalokasikan dana untuk mendukung kegiatan Koperasi dan UKM di Langkat.
  26. Pemangku Adat Melayu di Kabupaten Langkat menyampaikan bahwa ada Tanah seluas 2.000 Ha yang telah selesai HGU nya dari PTPN II dan akan diserahkan ke pemangku adat Melayu. Dalam hal ini diharapkan kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara agar dapat menindak lanjuti hal tersebut.
  27. Bantuan kepada Koperasi Produksi Bangkit Langkat Bertuah Jalan Kyai Haji Zainul Arifin Gg. Maya No. 9 Kelurahan Stabat
  28. Bantuan kepada Lembaga Kesenian dan Kebudayaan Bunga Tanjung Kabupaten Langkat Jl. K.H. Zainul Arifin Gg. Maya No. 9 Kelurahan Stabat Kabupaten Langkat

Kecamatan Hinai

  1. Perbaikan Tanggul yang berada di Desa Batu Malenggang untuk menghindari terjadinya banjir yang sering terjadi di Dusun I Desa Cempa Kec. Hinai Kab. Langkat.
  2. Pembuatan gorong-gorong yang berada di jalan lintas Tanjung Pura sampai dengan sungai mati Desa Cempa Kec. Hinai
  3. Pembuatan Dreanase sepanjang 1 Km kanan dan kiri yang berda di Dusun IV Desa Cempa Kec. Hinai Kab. Langkat.
  4. Pengaspalan Jalan Lorong Masjid Dusun V Desa Cempa Kec. Hinai
  5. Pengorekan Parit dan Pengaspalan jalan sepanjang 2 Km yang berada di Dusun VI Desa Cempa sampai dengan Dusun Raja Kec. Hinai Kab. Langkat.
  6. Perbaikan Pintu Air (Klep) yang berada di Dusun VII Desa Cempa Kec. Hinai.
  7. Pengaspalan Jalan sepanjang 1 Km yang berada di Dusun VIII Desa Cempa Kec. Hinai.
  8. Mohon Bantuan Peternakan Kepada Kelompok Tani yang berada di Dusun IX Desa Cempa Kec. Hinai Kab. Langkat.

Kecamatan Wampu

  1. Masyarakat sangat mengharapkan bantuan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk menangani/melanjutkan pengaspalan jalan Pasar I Stabat Lama, karena jalan tersebut sudah sangat hancur, sehingga sulit untuk dilalui.
  2. Pemerintah Provinsi Sumatera Utara diharapkan dapat bertindak tegas terhadap mobil pengangkutan yang melebihi tonase, karena hal ini yang menyebabkan jalan jalan cepat rusak/hancur akibat kelebihan tonase.
  3. Masyarakat sangat mengharapkan bantuan dari Pemerintah, khususnya pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk memberikan modal usaha (UKM) kepada para pemuda/pemudi, agar mereka mempunyai kegiatan kegiatan yang positif, dan mengurangi pengangguran.
  4. Banyaknya jalan-jalan yang belum pernah tersentuh sama sekali oleh aspal dan pembangunan, untuk itu diharapkan perhatian Pemerintah akan hal ini, agar masyarakat lebih mudah untuk melakukan aktivitas dari desa ke kota.
  5. Diharapkan kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara agar kiranya dapat segera memperbaiki tanggul Sungai Wampu yang mana sampai sekarang belum juga terselesaikan. Karena masyarakat sangat khawatir dengan ancaman banjir akibat sungai wampu yang tanggulnya sudah tidak layak lagi.
  6. Untuk menambah penghasilan masyarakat, mereka sangat membutuhkan bantuan hewan ternak seperti : kambing dan sapi dari pemerintah, dengan harapan kiranya bantuan hewan ternak tersebut nantinya dapat lebih mensejahterakan kehidupan masyarakat.
  7. Para ibu rumah tangga sangat mengharapkan bantuan dari Pemerintah, khususnya pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk memberikan modal usaha (UKM) kepada para ibu-ibu agar dapat menambah penghasilan keluarga dan dapat meringankan beban keluarga, karena para kaum ibu ibu tersebut banyak yang tidak mempunyai kegiatan.
  8. Mohon kepada Pemerintah perbaikan drainase di Simpang Pasar I Desa Stabat Lama Kec. Wampu apabila hujan sering banjir.
  9. Masyarakat Desa Sumber Mulio meminta kepada Pemerintah agar membuat tembok penahan tanah (Bronjong) dengan ukuran + 5 Km sehingga daerah tersebut mengalami banjir selama 3 bulan lamanya apabila hujan lebat.
  10. Menertibkan Perusahaan-perusahaan penghasil limbah yang membuang sisa usahanya ke sungai sehingga menghasilkan pencemaran terhadap lingkungan dan penyemprotan rumput-rumput sehingga ternak warga bermatian.
  11. Memohon kepada Pemerintah memperhatikan para Pensiunan Perkebunan (PTPN II) yang sudah di luar batas yang haknya teraniaya, hak yang belum diterima (pensiun) tetapi telah diusir dari rumah mereka sebanyak 840 orang.
  12. Masyarakat Desa Stabat Lama Kecamatan Wampu mengharapkan bantuan bibit hewan ternak seperti sapi, kambing dan ayam, karena potensi Sumber Daya Alam kami sangat mendukung untuk kegiatan tersebut.
  13. Perbaikan tanggul dan pembuatan bronjong Sungai Wampu di Kecamatan Wampu, sehingga apabila di musim penghujan tidak terjadi banjir lagi.
  14. Bantuan kepada STM di Desa Stabat Lama Kecamatan Wampu berupa Sarana dan Prasarana seperti Kursi, Tenda dan Sound System, sehingga apabila ada acara-acara yang akan dilaksanakan tidak harus menyewa alat-alat tersebut.
  15. Bantuan kepada Kelompok Perwiritan Yasin Dusun Tanah X Desa Stabat Lama Kecamatan Wampu Kabupaten Langkat.
  16. Bantuan kepada Badan Kenaziran Masjid Asy-Syakirin Desa Stabat Lama Kecamatan Wampu.
  17. Pengaspalan dan Perbaikan jalan yang berada di Desa Mekar Jaya Kec. Wampu Kab. Langkat.
  18. Bantuan Usaha Kecil Menengah kepada masyarakat yang berada di Desa Mekar Jaya Kab. Langkat.
  19. Perbaikan Dreanase di Desa Mekar Jaya Kec. Wampu
  20. Bantuan Hewan Ternak kepada Kelompok Tani yang berada di Kec. Wampu
  21. Perbaikan dan Perawatan tanggul yang berada di Kecamatan Wampu untuk mengatasi banjir ataupun luapan air dari Sungai Wampu ketika musim penghujan datang.

Kecamatan Bahorok

  1. Masyarakat memohon bantuan pengaspalan jalan di Dusun VII Sejagat Desa Tanjung Lenggang Kecamatan Bahorok Kabupaten Langkat.
  2. Masyarakat memohon untuk perbaikan Jembatan Teluk Emam Kecamatan Bahorok Kabupaten Langkat.
  3. Mohon bantuan rehab sekolah yang ada di Desa Tanjung Lenggang Kecamatan Bahorok.
  4. Masyarakat menyampaikan bahwa sampai saat ini ada permasalahan menyangkut sengketa tanah/lahan yang belum juga terselesaikan, antara lain di Tanjung Putri bahkan sampai merenggut korban jiwa. Untuk hal ini mohon agar dapat segera difasilitasi agar permasalahan sengketa tanah/lahan tersebut cepat diselesaikan.
  5. Masyarakat Desa Tanjung Lenggang menyampaikan bahwa sebanyak 80 % warga sangat membutuhkan Kartu Indonesia Sehat (KIS), namun dari yang diusulkan hanya sekitar 20 % saja yang memperolehnya. Untuk hal ini mohon agar dapat difasilitasi nama-nama yang telah diusulkan untuk memperoleh Kartu Indonesia Sehat (KIS) dapat segera dipenuhi karena masyarakat sangat membutuhkan KIS tersebut.
  6. Perlu penertiban kendaraan Truck yang mengangkut Galian C yang melintasi jalan sehingga mengakibatkan kerusakan Badan Jalan. Menurut penjelasan Dinas PU bahwa kapasitas yang melewati jalan hanya boleh 8 ton, namun kenyataannya di lapangan ada yang bahkan mencapai 25 ton.
  7. Masyarakat mengharapkan bantuan pemerintah untuk melakukan pembinaan kepada ibu-ibu rumah tangga dan memberikan modal usaha (KUR) agar mereka mempunyai kegiatan-kegiatan yang positif dan membantu meringankan beban suami.
  8. Masyarakat menyampaikan agar Pemerintah dapat menarik minat para pengusaha untuk menanamkan modal / membuka industri di Kecamatan Bahorok sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan dan mengurangi tingkat pengangguran.
  9. Menurunnya harga pertanian, seperti kelapa sawit dan juga harga karet yang semakin lama semakin menuru Untuk itu diharapkan kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara agar kiranya dapat menyelesaikan masalah ini.
  10. Mohon bantuan untuk pengadaan sarana dan prasarana olah raga di Desa Tanjung Lenggang Kecamatan Bahorok khususnya
  11. Masyarakat mengharapkan adanya pembagunan Sekolah SMA Negeri Kec. Bahorok di Desa Ujung Bandar yang mana saat ini masyarakat/siswa-siswi SMA yang ada di desa tersebut harus menempuh jarak yang begitu jauh ± 23 – 30 km setiap harinya. Permasalahan yang ditemukan disaat reses adalah lahan yang belum ada disediakan oleh pemerintahan desa. (Dinas Pendidikan Provsu)
  12. Jaringan listrik yang belum mencapai Dusun Pelada Desa Ujung Batu yang dihuni oleh ± 110 kk, masyarakat telah bersedia menyiapkan tiang-tiang listrik dan penanamannya untuk jaringan tersebut. (PT. PLN)
  13. Bahwa Desa Ujung Bandar Kec. Bahorok ini merupakan penghasil perkebunan kelapa sawit dan karet, mencapai 70 – 100 ton setiap harinya untuk mempermudah/memperlancar transportasi angkutan baik masyarakat/hasil bumi menuju kota – kecamatan, masyarakat memohon bantuan prasarana infrastruktur jalan yang mana saat ini masyarakat harus berjalan melalui batu-batu yang belum teraspal sehingga sangat-sangat menghambat dan membahayakan. (Dinas Bina Marga Provsu)
  14. Tim reses juga mendapat masukan/inspirasi dari masyarakat terkait perbaikan titi arah Sopo Padang – Kampung Baru yang sudah sangat memprihatinkan, untuk diketahui bahwa sejak tahun 2008 Musrembang sudah mengusulkan perbaikan titi tersebut. (Dinas PSDA Provsu)
  15. Pemasangan bronjong kampong baru yang terletak dibelakang kampung Batu Katak. Bronjong tersebut untuk menahan derasnya arus sungai yang dapat mengancam kehidupan masyarakat di desa tersebut. (Dinas PSDA Provsu)
  16. Dusun Batu Katak merupakan daerah pariwisata alam yang belum terjamah dan masih asri, terdapat jenis bunga anggrek yang beraneka ragam termasuk adanya bunga Bangkai yang merupakan bunga yang langka serta adanya penangkaran harimau di daerah tersebut. Turis manca negara sangat antusias untuk datang di objek wisata tersebut. Permasalahan yang dihadapi saat ini dan yang sangat dibutuhkan adalah susahnya sinyal komunikasi sehingga kurang informasi tamu-tamu turis manca negara tersebut dan parahnya jalan (infrastruktur) yang dilalui oleh masyarakat menuju objek wisata tersebut. Untuk itu mayarakat/pemandu objek wisata memohon kepada tim reses agar dapat mengusulkan Tower Pemancar dan pengaspalan jalan. Kita ketahui bahwa jalan tersebut ranahnya Kab. Langkat namun alangkah arifnya jika Pemerintah Provinsi membantu permohonan masyarakat tersebut. (PT. Telkom/Dinas Bina Marga Provsu).
  17. Objek wisata batu katak merupakan objek wisata yang dapat dimajukan untuk taraf internasional dengan alasan sebagai berikut :
  18. Lahan hutan yang terdapat didaerah objek wisata tersebut terdapat hampir 100 jenis anggrek.
  19. Alam yang asri merupakan tempat yang begitu segar dalam pelaksanaan tracking/hest bagi turis dan wisatawan lokal merupakan ciri khusus yang dimiliki lokasi wisata batu katak, belum lagi jika kita masukkan wisata air/sungai yang begitu asri dan sejuk dengan bebatuan yang begitu indah disepanjang aliran sungainya.
  20. Permasalahannya adalah kurang/susahnya untuk berkomunikasi dengan telepon seluler artinya sinyal yang lemah sehingga para wisatawan sulit untuk membagikan informasi tentang keindahan yang mereka lihat/nikmati pada saat itu serta sulitnya jalan/infrastruktur untuk itu dimohon agar Pemerintah Kabupaten Langkat dapat memproriraskan untuk pemasangan tower dan perbaikan infrastruktur tersebut terkhusus Pemprovsu agar dapat memfasilitasi kebutuhan yang diharapkan masyarakat, wisatawan demi kemajuan objek wisata tersebut.
  21. Masyarakat beberapa Desa di Kecamatan Bahorok dalam Reses mengharapkan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dapat menyampaikan kepada Perusahaan-Perusahaan Perkebunan seperti PTP Lonsum, PT. Langkat Nusantara Kepong dan PT. Sei Musam Kuching, agar dapat memberikan bantuan sosial atau pun disebut dengan istilah Corporate Sosial Responsibility (CSR) tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
  22. Banyak ruas Jalan menuju Objek Wisata Bukit Lawang yang sudah rusak berat, diharapkan agar Pemerintah Provinsi Sumatera Utara segera memperbaiki jalan tersebut, sehingga dapat meningkatkan pendapatan asli daerah dari bidang pariwisata.
  23. Dimohon Pengaspalan jalan menuju objek Wisata Batu Katak melalui Kelurahan Pekan Bahorok Kecamatan Bahorok.
  24. Harga penjualan hasil kebun seperti karet kepada agen sangatlah rendah di Kecamatan Bahorok, mohon agar dapat dicari solusi, sehingga harga tesebut dapat naik lagi.
  25. Di Kecamatan Bahorok terdapat banyak objek-objek Wisata yang dikelola oleh Perorangan ataupun kelompok masyarakat salah satunya adalah objek wisata Selang Pangeran dan Batu Katak, dimohon kepada Pemerintah Provinsi ataupun Kabupaten Langkat dapat mengembangkan objek Wisata tersebut salah satunya dengan cara membuat infrastruktur jalannya.
  26. Pemuda-Pemudi Kecamatan Bahorok mengharapkan agar di Kecamatan Bahorok dibuat program-program yang positif dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, sehingga Pemuda-Pemudi terhindar dari narkoba.
  27. Bantuan kepada Sanggar Lancang Kuning Seni Adat Budaya Melayu Jl. Berdikariu No. 68 Pekan Bahorok Kecamatan Bahorok
  28. Perbaikan Jembatan Gantung Datuk Landak Dusun VII Desa Timbang Lawan.
  29. Bantuan kepada Koperasi dari MABMI Kec. Bohorok.
  30. Sepanjang jalan Selesai – Bahorok kondisinya sangat rusak parah. Agar menjadi prioritas bagi pemerintah khususnya Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk dapat segera dilakukan perbaikan.
  31. Masyarakat memohon kepada pemerintah agar Jembatan Gantung yang terletak di Dusun Lau Simpan yang menghubungkan Desa Lau Damak dengan Desa Batu Jongjong segera dibuat permanen. Keberadaan jembatan ini sangat penting bagi masyarakat, karena sebagai akses bagi masyarakat dan para wisatawan yang akan berwisata di Desa Batu Jongjong.
  32. Masyarakat memohon kepada pemerintah untuk segera mengaspal jalan masuk menuju Dusun Lau Simpan – Desa Suka Mulia dari arah Desa Lau Damak.
  33. Di daerah ini terdapat Kawasan Wisata Pemandian Batu Katak yang merupakan obyek wisata bagi wisatawan domestik maupun asing. Obyek wisata tersebut perlu dilakukan pengembangan agar dapat lebih menarik minat wisatawan untuk berkunjung terutama infrastruktur menuju daerah wisata tersebut. Selain keindahan alamnya, salah satu daya tarik obyek wisata tersebut bagi wisatawan asing adalah kebudayaan Karo, untuk itu dimohonkan kepada pemerintah untuk memberikan bantuan alat-alat musik tradisional Karo.
  34. Masyarakat mengharapkan kepada pemerintah, baik pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten, agar lebih bersungguh-sungguh dalam melakukan pendampingan terhadap petani melalui program penyuluhan dalam rangka pengembangan sektor pertanian dan perkebunan masyarakat. Hal ini harus menjadi perhatian pemerintah agar pengembangan sektor pertanian dan perkebunan yang dikelola oleh masyarakat secara langsung ini dapat menjadi sektor unggulan bagi peningkatan pendapatan masyarakat petani di Kabupaten Langkat.
  35. Masyarakat Dusun Lau Simpan Desa Lau Damak memohon kepada pemerintah agar dapat memberikan bantuan ternak sapi bagi masyarakat.
  36. Masyarakat memohon kepada pemerintah bantuan hibah untuk perbaikan rumah ibadah, mesjid dan gereja yang ada di Desa Lau Damak.
  37. Masyarakat memohon kepada pemerintah agar Balai Pertemuan di Desa Lau Damak segera diperbaiki/rehab karena kondisinya saat ini sangat rusak parah. Balai pertemuan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat sebagai tempat untuk melakukan pertemuan warga.

Kecamatan Batang Serangan

  1. Masyarakat Tangkahan yang datang ke acara Reses tersebut mengharapkan bantuan pembangunan jembatan gantung di daerah Tangkahan.
  2. Perbaikan jalan (Hotmix) ke arahan Tangkahan sepanjang 1.5 KM di Kecamatan Batang Serangan.
  3. Masyarakat mengharapkan pembangunan sarana air bersih di Tangkahan, selama ini air bersih di daerah Tangkahan belum ada.

Kecamatan Sei Bingei

  1. Masyarakat Desa Namu Sira-sira memohon agar segera dibangun irigasi di Dusun Kolotip.
  2. Masyarakat memohon bantuan pupuk kepada pemerintah agar hasil panen masyarakat lebih maksimal. Mahalnya harga pupuk saat ini membuat petani kesulitan untuk membelinya sehingga mengakibatkan berkurangnya panen petani.
  3. Masyarakat Dusun X Desa Sumber Mulyo mengeluhkan tidak adanya lampu penerang jalan. Untuk itu diharapkan kepada pemerintah agar dapat membangun lampu penerangan jalan di Desa Sumber Mulyo.
  4. Maraknya peredaran narkoba di Desa Namu Trasi saat ini sudah sangat meresahkan masyarakat. Banyak pemuda-pemuda di Desa Namu Trasi yang sudah terjerumus ke dalam jeratan narkoba. Untuk itu diminta kepada Kepolisian agar sering melakukan razia Bandar narkoba.
  5. Masyarakat Desa Payung memohon kepada pemerintah khususnya Pemerintah Sumatera Utara agar jalan-jalan di dusun-dusun segera dilakukan pengaspalan.
  6. Masyarakat Dusun III Kota Binangun pada umumnya bermata pencaharian sebagai petani, tetapi lahan pertanian di daerah ini sangat terbatas. Untuk itu masyarakat memohon agar di buka lapangan pekerjaan lain di bidang industri agar masyarakat di Desa ini lebih meningkat taraf hidup mereka.
  7. Jalan-jalan di Dusun I Desa Sumber Jadi saat ini kondisinya rusak parah. Untuk itu masyarakat memohon agar pemerintah segera melakukan perbaikan jalan-jalan di Desa Sumber Jadi.
  8. Masyarakat memohon kepada pemerintah untuk segera melakukan pengaspalan di Jalan Kampung Tempel Kel. Pasar IV Namu Trasi.
  9. Masyarakat memohon kepada pemerintah khususnya pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk memberikan modal usaha kepada para ibu-ibu agar dapat menambah penghasilan keluarga.
  10. Masyarakat Desa Namu Tating khususnya para wanita memohon agar pemerintah memberikan pelatihan keterampilan untuk membantu perekonomian di Desa Namu Tating.
  11. Masyarakat memohon bantuan dari pemerintah untuk membangun Jalan Pertanian/Lening sepanjang 300 meter di Dusun IV Desa Durian Lingga.
  12. Masyarakat Dusun IV Desa Durian Lingga memohon kepada pemerintah untuk segera membangun gorong-gorong di Dusun tersebut karena sering terjadi banjir.
  13. Masyarakat memohon agar jalan tembus dari Langkat menuju Kab. Karo segera dilakukan perbaikan, karena kondisinya saat ini banyak yang rusak parah.
  14. Masyarakat memohon kepada pemerintah agar segera dibangun drainase di Dusun II Desa Namu Ukur karena sering terjadi banjir apabila turun hujan.
  15. Masyarakat Desa Namu Tating memohon kepada pemerintah bantuan peternakan bibit ikan dan sapi.
  16. Masyarakat memohon kepada pemerintah pembuatan jalan menuju tanah wakaf, dikarenakan kalau sering terjadi banjir ketika turun hujan.

 

Kecamatan Selesai

  1. Jembatan sungai gereges yang merupakan jembatan cukup tua merupakan akses penghubung antar dusun di desa perhiasan sangatlah wajar jika Pemkab Langkat dan Pemprovsu untuk memperbaiki titi tersebut.( Dinas PSDA Provsu).
  2. Pengerasan jalan/pengaspalan jalan di desa perhiasan yang merupakan jalan utama keluar masuk hasil bumi di Desa perhiasan (Dinas Bina Marga Provsu).
  3. Sisi lain masyarakat mengharapkan kepada tin reses atas pengadaan, peternakan, bibit sawit, dan pupuk bagi masyarakat yang kurang mampu di dusun tersebut. (Dinas Peternakan Provsu, Dinas Pertanian Provsu).
  4. Mohon bantuan kepada Pemkab / Pemprovsu untuk perbaikan titi greges.

Kecamatan Kutambaru

  1. Jalan seringgana (jalan wisata) menuju objek wisata air terjun +7 km, terletak di desa rampah kec. Kutambaru Kab. Langkat (Dinas Bina Marga Provsu)
  2. Terdapatnya bekas longsor di desa rampah yang sampai saat ini belun mendapat perhatian Pemkab Langkat walaupun sudah dimasukkan pada Musrembang.(Dinas PSDA Provsu)
  3. Permohonan masyarakat atas pembangunan SMP Negeri di Desa Rampah merupakan hal yang wajar jika ditinjau dari jalan yang ditempuh masyarakat. Masyarakat secara berswadana untuk membeli lahan. Diharapkan kepada Pemprovsu untuk dapat membantu pembangunan SMP Negeri tersebut kelak dikemudian hari. (Dinas Pendidikan Provsu)
  4. Listrik merupakan kebutuhan masyarakat yang utama, di desa rampah terdapat 3 dusun yang belum dapat teraliri listrik, dusun mbacang, urukmbelin (bangun sejati) dan pamah sulkam. Masyarakat dusun memohon agar dusun mereka juga dapat dialiri aliran listrik dan masyarakat telah sepakat untuk menyediakan tiang-tiang dan lahan untuk penanaman tiang-tiang listrik tersebut. (PT. PLN)
  5. Jembatan penghubung Desa Namotongah ke Desa Gajah yang sudah tidak layak untuk dilalui oleh masyarakat desa. Untuk itu masyarakat memohon perbaikan atas jembatan tersebut. Tim reses berharap agar Pemkab Langkat dapat merespon permohonan kedua desa tersebut dan Pemprovsu juga dapat memperhatikan hal tersebut. (Dinas PSDA Provsu)

Kecamatan Secanggang

  1. Desa Selotong Kecamatan Secanggang lokasinya berdekatan dengan laut dan hutan manggrove, sehingga sebahagian masyarakat bermata pencaharian sebagai nelayan dan petani. Dulunya masyarakat banyak yang mengusahakan Tambak Alam untuk mencari nafkah, namun saat ini sudah kena gusur karena merupakan hutan kawasan.
  2. Masyarakat meminta agar ditetapkan batas wilayah desa dengan kawasan hutan.
  3. Masyarakat mengharapkan agar pembangunan irigasi cepat diselesaikan, karena ada proyek pembangunan irigasi sejak Tahun 1990 sampai saat ini belum selesai dikerjakan.
  4. Kepala Desa Selotong Kecamatan Secanggang menyampaikan bahwa sekitar 2 bulan yang lalu telah dilakukan pertemuan pra sosialisasi irigasi. Tahun 2016 ini akan dimulai pengukuran dan pembebasan lahan, selanjutnya hingga awal tahun 2017 akan dilakukan pendataan dan ganti untung dari tanah/lahan yang dilalui irigasi tersebut. Diharapkan pada tahun 2019 proyek pembangunan irigasi pada 4 Kecamatan di Kabupaten Langkat ini dapat terselesaikan.
  5. Masyarakat menyampaikan bahwa dahulu Desa Selotong terkenal dengan Tambak Alam, namun sekarang menjadi hamparan lahan tidur. Mereka mengharapkan agar hamparan yang begitu luas yang merupakan paluh antara hutan manggrove supaya bisa dimanfaatkan masyarakat dengan tidak merugikan pihak lain dan tidak merusak ekosistem manggrove. Misalnya melakukan budidaya kerang di hamparan yang tidak terpakai tersebut.
  6. Kelompok Tani Makmur pernah mengusulkan untuk dilakukan pembebasan lahan seluas 500 Ha dan telah dikabulkan seluas 200 Ha bahkan telah keluar SIM nya, namun masih dilarang oleh pihak berwenang.
  7. Mohon bantuan untuk penimbunan bahu jalan di Desa Selotong Kecamatan Secanggang. Lebar jalan kurang dari 4 meter, sedangkan bahu jalan sangat sempit dan curam sehingga sangat membahayakan keselamatan para pejalan kaki.
  8. Masyarakat memohon bantuan ternak bagi masyarakat di Desa Selotong Kecamatan Secanggang.
  9. Masyarakat sangat mengharapkan perhatian dari Pemerintah, khususnya pemerintah Provinsi Sumatera Utara, untuk memberikan bea siswa bagi anak anak yang berprestasi untuk melanjutkan jenjang pendidikan ke S1 ataupun S2, karena ada sebahagian anak anak yang berprestasi tidak bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, karena ketiadaan biaya.
  10. Perlu adanya perhatian yang serius dari pemerintah terhadap penyaluran dana BOS yang selama ini penyalurannya dirasakan masih tersendat-sendat. Karena dana BOS tersebut sangat membantu sekali bagi masyarakat yang kurang mampu.
  11. Masyarakat mengharapkan kepada pemerintah, baik pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten, agar lebih bersungguh-sungguh dalam melakukan pendampingan terhadap petani melalui program penyuluhan dalam rangka pengembangan sektor pertanian dan perkebunan masyarakat. Hal ini harus menjadi perhatian pemerintah agar pengembangan sektor pertanian dan perkebunan yang dikelola oleh masyarakat secara langsung ini dapat menjadi sektor unggulan bagi peningkatan pendapatan masyarakat petani.
  12. Masyarakat sangat mengharapkan bantuan dari Pemerintah, khususnya pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk memberikan modal usaha (UKM) kepada para ibu-ibu agar dapat menambah penghasilan keluarga dan dapat meringankan beban keluarga.
  13. Pembangunan Irigasi yang sampai saat ini belum terlaksana juga, sehingga kalau musim kemarau yang berkepanjangan, sawah sawah pada kekeringan, hal ini menyebabkan hasil panen yang kurang baik, dan terkadang gagal panen akibat kekeringan.
  14. Masyarakat di daerah ini sangat resah, karena peredaran narkoba yang semakin merajalela. Untuk itu diharapkan kepada jajaran kepolisian untuk lebih intensif lagi dalam melakukan razia sampai ke pelosok-pelosok desa. Dan diharapkan juga bagi masyarakat untuk dapat membantu pihak kepolisian dalam mengungkap peredaran narkoba.
  15. Masyarakat mengharapkan bantuan dari pemerintah, baik pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten, untuk membantu pembangunan sumur air bersih, Desa Sungai Ular, Dusun IV Teluk Lidah, Kecamatan Secanggang.
  16. Pembangunan Jembatan Pertanian di Dusun I Kp. Nangka Desa Kepala Sungai Kecamatan Secanggang Kabupaten Langkat sepanjang 22 M dengan lebar 1,5 M. Jembata ini adalah penghubung antara Desa Kepala Sungai dengan Desa Ara Condong.
  17. Pembangunan sarana dan prasarana Air Bersih di Kecamatan Secanggang, yang salama ini belum ada.

Kecamatan Sei Lepan

  1. Masyarakat mengharapkan adanya perbaikan / pengaspalan Jalan Provinsi dari Km. 23 s/d Km 28 yang kondisinya sangat rusak parah di Kec. Sei Lepan
  2. Masyarakat mengharapkan perbaikanjembatan di Desa Harapan Maju Kec. Sei Lepan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.
  3. Masyarakat mengharapkan penanggulangan pencemaran limbah dari pabrik Kelapa Sawit PIR A.D.B yang sangat merugikan Desa Harapan Maju Kec. Sei Lepan.
  4. Lurah Sei Bilah menyampaikan agar segera diadakan rapat dengan instansi terkait khususnya Dinas Perikanan agar tidak hanya Nelayan berdasi saja yang mendapat bantuan sementara nelayan tradisionil makin terpuruk nasibnya. Juga mengharapkan adanya sosialisasi bagi nelayan tentang zona-zona yang tidak bisa dilewati dalam menangkap ikan karena sudah banyak nelayan mereka yang ditangkap Negara jiran akibat ketidak tahuan mereka tentang zona wilayah tersebut.
  5. Warga menyampaikan agar jalan-jalan desa seperti Gang Meriam segera diperbaiki karena bila hujan selalu banjir sehingga menyulitkan mereka untuk beraktivitas terutama bagi anak-anak yang akan pergi ke sekolah.
  6. Warga Lingkungan I menyampaikan keluhan akan air limbah yang selalu menggenangi tempat tinggal mereka, dalam kesempatan ini mereka berharap agar segera dapat ditinjau dan di atasi masalah limbah tersebut.
  7. Wakil Ketua Laskar Nelayan Kelurahan Sei Bilah memohon agar dapat dibantu dalam hal modal untuk menjalankan koperasi yang sudah mereka bentuk karena selama ini mereka belum pernah mendapat bantuan dari pemerintah.
  8. Masyarakat Nelayan juga mengeluhkan akan limbah batubara yang dibuang kelaut oleh pihak PLTU yang sudah berlangsung selama 3 tahun karena jaring nelayan sering tersangkut batubara yang sudah dibuang tersebut , akibatnya jaring nelayan robek, mereka berharap agar pihak PLTU dapat dihimbau agar tidak sembarangan dalam membuang limbah ke laut.
  9. Masalah air bersih juga masih sangat dikeluhkan masyarakat Sei Bilah karena masih banyak yang belum menikmati fasilitas air bersih dari tirta wampu ini, sudah dimohon tetapi belum juga terealisasi.

Kecamatan Berandan Barat

  1. Camat Brandan Barat telah membuat perencanaan dalam musrenbangdes mengenai pembangunan jalan tembus dari Perlis ke Lubuk Basung+ 10 km ,pembuatan Jalan Protokol dari Dusun I sampai ke Dusun IX, PembangunanTembok Tapal Batas Desa sepanjang 3000 meter, tetapi Dana APBD tidak memadai untuk menyelesaikan pembangunan tersebut jadi pada kesempatan ini diharapkan dapat membawa masalah ini ke tingkat Provinsi maupun tingkat  Pemerintah Pusat.
  2. Masyarakat Desa Perlis menyampaikan bahwa dengan keluarnya peraturan bahwa pukat hela dan pukat tarik dilarang untuk dipergunakan nelayan, tetapi pada kenyataannya masih banyak nelayan yang masih memakainya untuk menangkap ikan, jadi mereka mengharapkan kepada dapat menghimbau kepada nelayan agar tidak lagi menggunakan pukat hela dan pukat tarik dalam menangkap ikan.
  3. Masyarakat Nelayan Desa Perlis memohon bantuan kapal dan jaring untuk menangkap ikan guna mendukung kegiatan mereka di laut dan juga mohon dibantu dalam pengadaan bibit ikan untuk dikembangkan dalam keramba apung guna meningkatkan pendapatan mereka  selain dari hasil menangkap ikan di laut.
  4. Masyarakat desa perlis menyampaikan bahwa banyak sekali anak-anak mereka yang sudah tamat SD tidak dapat melanjutkan ketingkat yang lebih tinggi karena keterbatasan biaya terutama untuk biaya transport ke sekolah karena di desa mereka selama ini tidak ada sekolah seperti SMP dan SMA , jadi mereka memohon agar pemerintah dapat segera membangun sekolah SMP dan SMA di Desa mereka agar anak-anak tidak lagi harus jauh-jauh menyeberang laut untuk bersekolah.
  5. Masyarakat khususnya yang mendapat bantuan beras Raskin memohon agar pemerintah setempat lebih memperhatikan mutu beras yang dibagikan karena selama ini beras yang sampai ke masyarakat miskin sangat tidak layak untuk di konsumsi.
  6. Ibu-ibu PKK desa perlis tidak punyai kegiatan karena disamping ketiadaan dana mereka juga tidak memiliki ketrampilan yang memadai untuk dikembangkan, mohon agar mereka diberi pelatihan dan bantuan dana.
  7. Guru TPA sudah dua kali mengajukan proposal kepemerintah Kecamatan untuk perbaikan bangunan TPA tetapi sampai sekarang belum juga terealisasi.

Kecamatan Padang Tualang

  1. Masyarakat memohon kepada Pemerintah untuk memperbaiki Infrastruktur yang telah rusak serta pengadaan Aspal di Desa Batang Serangan menuju Desa Benteng Sari.
  2. Masyarakat meminta kepada Pemerintah agar membuat tembok penahan tanah (Bronjong) atau Tanggul + 5 Meter di Batang Serangan Kab. Langkat sehingga apabila hujan besar maka rumah warga akan tenggelam.
  3. Warga memohon kepada Pemerintah agar segera dibentuk Ekonomi Mikro kepada masyarakat Desa Suka Ramai Kec. Padang Tualang guna  membantu meningkatkan perekonomian masyarakat, misal pengadaan mesin jahit, pembuatan kerupuk dll.
  4. Masyarakat memohon bantuan untuk pembuatan bronjong dekat sungai lebih kurang 50 Km dikelurahan Desa tebing tanjung selamat dusun 9 karena bila musim hujan masyarakat sangat khawatir bila dekat sungai tersebut longsor dan membahayakan warga
  5. Masyarakat mengharapkan kepada pemerintah mohon bantuan pengaspalan jalan menuju lorong kampung benteng murni dusun 6 karena jalan sudah hancur/parah sehingga menghambat aktivitas warga masyarakat
  6. Masyarakat berharap bantuan perbaikan jalan benteng Dusun IX Desa benteng sari kelurahan tebing tanjung selamat kecamatan padang tualang
  7. Masyarakat berharap agar pemerintah Provinsi Sumatera Utara dapat membina dan memperhatikan serta dapat membantu para kelompok tani dalam hal pengadaan bibit kelapa untuk 500 kk didesa tebing tanjung selamat kecamatan padang tualang.
  8. Warga desa benteng sari kecamatan tebing tanjung selamat kecamatan padang tualang mengeluhkan masalah harga getah yang sangat cukup terlalu murah sehingga pendapatan warga masyarakat sangat menurun
  9. Warga desa benteng sari tebing tanjung selamat kecamatan padang tualang mohon kepada pemerintah untuk pengadaan bibit ternak sapi.
  10. Masyarakat didaerah ini sangat membutuhkan pelatihan pelatihan UKM terutama para ibu – ibu agar mereka bisa hidup mandiri dan tidak bergantung kepada suami untuk itu diharapkan kepada pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk membuat pelatihan – pelatihan seperti membuat keripik peyek,kerajinan tangan dan lain-lain agar kesejahteraan hidup mereka lebih meningkat dan mereka mengharapkan bantuan 5 unit kompor gas.

Kecamatan Binjai

  1. Perbaikan Infrastruktur baik jalan maupun Dreanase yang berada di seluruh Kelurahan Suka Makmur Kec. Binjai Kab. Langkat.
  2. Bantuan Kredit kepada Usaha Kecil Menengah dan Masyarakat baik dari Pemkab Langkat Maupun Pemprovsumut untuk menambah peningkatan tarap Perekonomian Masyarakat Kelurahan Suka Makmur Kec. Binjai Kab. Langkat.
  3. Bantuan Jaminan Kesehatan bagi masyarakat di Kelurahan Binjai Kab.Langkat.

Kecamatan Gebang

  1. Masyarakat tani yang berada didesa pasarawa kepada pemerintah agar pengelolaan lahan yang selama ini dilakukan secara Tradisional bisa dilakukan dengan menggunakan alat tekhnologi modern seperti HandTractor untuk itu masyarakat sangat mengharapkan perhatian dan bantuan dari pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk pengadaan alat (HandTractor) tersebut.
  2. Masyarakat juga meminta bantuan pupuk untuk meningkatkan produksi pertanian karena macetnya pendistribusian pupuk didaerah kecamatan pasarawa selama ini untuk memperlancar produksi pertanian masyarakat juga meminta bantuan pengadaan alat alat pertanian Handtractor dan mesin pemotong padi
  3. Masyarakat mengusulkan kepada pemerintah agar dipenuhinya pupuk kompos di Desa Pasarawa Kabupaten Langkat Dusun IV
  4. Warga memohon kepada pemerintah agar dibuatkan pompa air untuk dialirkan ke sawah
  5. Masyarakat menginginkan perbaikan Pintu Klaf, untuk pengairan ( Irigasi ) sawah masyarakat menjadi lancar dan pengadaan HandTractor agar petani lebih mudah dan lebih praktis untuk menggarap lahan / sawah mereka.
  6. Masyarakat memohon kepada pemerintah agar dapat melindungi daerah yang termasuk dalam Hutan Lindung seperti Hutan mangrove yang terletak di kecamatan Gebang Desa Pasarawa telah rusak dikarenakan perkebunan sawit, perluasan lahan dan lain lain.
  7. Mohon Bantuan Dana dan Pembinaaan Kelompok pengrajin atau nipah Dusun II Peringgan tebing Desa pasarawa .
  8. Masyarakat Dusun IV Desa Pasarawa meminta kepada pemerintah agar segera dibuatkan Taman Bacaan Al Quran
  9. Desa Bangun Sari Dusun VI mohon kiranya pemerintah dapat memberikan bantuan berupa Ternak Sapi dan ternak Bebek.
  10. Masyarakat Desa Pasarawa meminta bantuan kepada Pemerintah untuk dibuat Sumur Bor dan MCK di daerah jalan Pusara dan jalan Pendidikan Desa Bangun Sari Dusun VI
  11. Warga meminta Bantuan untuk Rehab Mesjid Al Taqwa di Desa Pasarawa
  12. Ibu Ibu perwiritan Yasin memohon bantuan Mesin jahit dan serta Pelatihan / Kursus dan Gendang marhabban

Kecamatan Sawit Seberang

  1. Masyarakat Dusun Palapa Kampung meminta kepada Pemerintah agar membuat tembok penahan tanah (Bronjong) di Alur Gadung + 40 Meter sebelumnya Bronjong di Alur Gadung ini ditangani oleh Bapak Gatot Pujonugroho (Gubsu) tetapi tidak ada penyelesaiannya.
  2. Masyarakat memohon kepada Pemerintah untuk memperbaiki Infrastruktur yang telah rusak di Tj. Beringin – Sidorejo dan Tj. Selamat – Tj. Pura serta memperbaiki Drainase disisi jalannya sehingga kalau hujan tidak mengakibatkan banjir.
  3. Memohon kepada Pemerintah memperhatikan perekonomian keluarga di daerah tersebut dengan membantu ibu-ibu dan pemuda diberi pekerjaan.
  4. Masyarakat mengeluhkan masalah mati lampu penerangan jalan yang tidak pernah ada mohon agar diadakannya lampu penerangan jalan agar pada malam hari kelurahan Dusun X Sei Litur Tasik tidak gelap gulita
  5. Masyarakat sangat mengharapkan perhatian pemerintah untuk pengaspalan Jalan Dusun VI Desa Sei litur yang rusak yang pada umumnya masih berupa jalan batu dan belum pernah dilakukan pengaspalan
  6. Masyarakat memohon bantuan untuk pembuatan bronjong ± 500 M tepi sungai batang serangan karena bila musim hujan masyarakat sangat khawatir bila tepi sungai tersebut longsor dan membahayakan warga.
  7. Masyarakat memohon bantuan kepada pemerintah untuk meminta ternak kambing didaerah Dusun X Desa Sei Litur Tasit Kecamatan Sawit Seberang Kelurahan Dusun X Sei Litur Tasik.
  8. Masyarakat meminta perbaikan pelusuran sungai agar tidak merusak bronjong bronjong yang ada disekitar daerah Dusun VI Jaraknya lebih kurang 100M sehingga tidak merusak sekolah ataupun perumahan penduduk dan sekolah sekolah yang dekat dengan tepian sungai.

 

PERTEMUAN DENGAN KONSTITUEN DI KOTA BINJAI

Kecamatan Binjai Kota

  1. Mohon perhatian dari pemerintah khususnya pemerintah Provinsi Sumatera Utara, terhadap Timbangan yang ada di jalan besar, karena mobil angkutan yang membawa beban melebihi dari tonase timbangan yang sudah ditetapkan, kelebihan tonase tersebut mengakibatkan kerusakan jalan, karena mobil angkutan tersebut kelebihan tonase.
  2. Pemerintah Provinsi Sumatera Utara diharapkan dapat mengalokasikan anggaran untuk bantuan kepada sekolah-sekolah, Yayasan dan juga kepada guru-guru pengajar. Perlu adanya koordinasi yang mendalam antara Pemerintah Kab./Kota dan Pemerintah Provinsi agar Bantuan Keuangan Provinsi yang ada dapat di serap lebih banyak lagi oleh pemerintah Kab./Kota untuk kemakmuran rakyat.
  3. Masyarakat di daerah ini sangat resah, karena peredaran narkoba yang semakin merajalela. Untuk itu diharapkan kepada jajaran kepolisian untuk lebih intensif lagi dalam melakukan razia sampai ke pelosok-pelosok desa. Dan diharapkan juga bagi masyarakat untuk dapat membantu pihak kepolisian dalam mengungkap peredaran narkoba.
  4. Masyarakat sangat mengharapkan bantuan dari Pemerintah, khususnya pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk memberikan modal usaha (UKM) kepada para ibu-ibu agar dapat menambah penghasilan keluarga dan dapat meringankan beban keluarga.
  5. Para Guru-Guru Swasta di daerah ini sangat mengharapkan bantuan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara agar kiranya dapat memberikan bantuan tunjangan bagi para guru-guru.
  6. Diharapkkan kepada pemerintah Provinsi Sumatera Utara memberikan perhatian khusus terhadap pengembangan ekonomi kerakyatan di kota Binjai dan bantuan kepada Koperasi serta kelompok-kelompok ekonomi rakyat dapat lebih ditingkatkan lagi.
  7. Masyarakat di Kelurahan Setia yang hadir pada kegiatan Reses menyampaikan bahwa agar dibangun kawasan daerah aliran sungai yang sering  tidak terkelola dengan baik di Kota Binjai
  8. Pembangunan bronjong di bantaran sungai mencirim serta pengerukan Sungai Mencirim di Kelurahan Setia untuk mengatasi banjir, yang sering terjadi akhir-akhir ini dan baru saja terjadi pada tanggal 8 Pebruari 2016 yang lalu.
  9. Bantuan kepada STM Bersama Lingkungan III Jl. T. Imam Bonjol Kel. Setia Lk. III Kecamatan Binjai Kota.
  10. Dukungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara terhadap pembangunan gedung sekolah Madrasah Tsanawiyah (MTs) persiapan negeri Binjai.
  11. Bantuan kepada Lembaga Swadaya Masyarakat Peduli Kelestarian Alam (LSM PEKA) alamat Jl. Jambore II No. 100 Komplek Perumahan Berngam Kel. Berngam Kec. Binjai Kota Kota Binjai.

Kecamatan Binjai Utara

  1. Masyarakat di Lingkungan IV dan V Kelurahan Nangka Kec. Binjai Utara mengharapkan bantuan pembangunan drainase di Jalan T. Amir Hamzah tepatnya di Dekat Masjid Al-Munawarah.
  2. Masyarakat di Lingkungan IV Kelurahan Nangka Kec. Binjai Utara mengharapkan Pembangunan Ruang Perpustakaan di Masjid As-Shobirin dari Pemerintah.
  3. Masyarakat di Lingkungan IV Kelurahan Nangka Kec. Binjai Utara mengharapkan Pembangunan Madrasah Raudhatul Jannah dari Pemerintah.
  4. Masyarakat di Lingkungan IV Kelurahan Nangka Kec. Binjai Utara mengharapkan Penerangan Lampu Jalan diujung Jalan T. Amir Hamzah karena sering terjadi Rawan Kejahatan.
  5. Mohon Pengaspalan dengan Homix jalan Melintang Kel. Tanah Merah Kec. Binjai Selatan yang menuju Kel. Berngam Kec. Binjai Kota sepanjang 5 Km dengan lebar 3 Meter.
  6. Mohon Bantuan uang intensif kepada para Guru Honorer melalui bantuan Keuangan Prov.Sumut khususnya para Guru Honorer di Kota Binjai.
  7. Pembuatan Jalan dan Parit di Lingkungan I Kel. Kebun Lada Kec. Binjai Utara sepanjang 200 m dan lebar 2,5 Meter.
  8. Pembuatan bronjong sungai mencirim yang berada di kel. Pekan binjai Kec. Binjai kota
  9. Pembuatan Zebra Kros dan lampu tanda penyeberangan yang berada di depan pintu masuk munuju Panti Jompo di Kec. Cengkeh Turi Kec. Binjai Utara.

Kecamatan Binjai Timur

  1. Masyarakat mengharapkan perbaikan Drainase di ruas jalan Ir. H. Juanda dan jalan Nuri Kelurahan Mencirim dan Kelurahan Timbang Langkat agar tidak terjadi Banjir.
  2. Masyarakat mengharapkan pembuatan Bronjong dan Peninggian Bronjong di Sungai Mencirim Jalan Nuri Lingkungan II dan III Kelurahan Mencirim.
  3. Masyarakat mengharapkan Perbaikan Benteng yang ambruk/runtuh di Lingkungan IV Kelurahan Timbang Langkat untuk menghindari Longsor yang lebih parah sampai ke Makam Pahlawan.
  4. Masyarakat mengharapkan penambahan Tinggi Benteng Kuburan dan Penimbunan Tanah yang luasnya +4 rante di sekitar pemakaman umum Jalan Soekarno Hatta Km, 17 Kelurahan Sumber Karya.
  5. Masyarakat mengharapkan bantuan untuk 7 Guru Honorer di Madrasyah Diniah Takmiliyah IqhWannul Mukminin di Jalan Ir. H. Juanda No. 181 B Kelurahan Mencirim.
  6. Masyarakat mengharapkan Penerangan lampu di Jalan Soekarno Hatta dan Jalan Ikan Hiu Kelurahan Mencirim karena sering terjadi Kecelakaan.

Kecamatan Binjai Selatan

  1. Masyarakat Jalan Gunung Bendahara Lingk. XII Kelurahan Binjai Estate mohon agar dilakukan perbaikan jalan yang panjangnya ± 800 m dimana kondisinya rusak dan selama 11 tahun belum pernah dilakukan perbaikan.
  2. Masyarakat mengharapkan penertiban truck yang membawa galian C dan diharapkan supaya dilakukan pemasangan portal pada jalan Gunung Bendahara Lingk. XII Kelurahan Binjai Estate Kecamatan Binjai Selatan kota Binjai, sehingga jalan tidak rusak dan warga tidak terganggu.
  3. Galian C yang terdapat di Kelurahan Bakti Karya yang menyebabkan rusaknya daerah pertanian karena sebagian besar pekerjaan masyarakat adalah petani, galian C tesebut membuat areal pertanian masyarakat mengalami kekeringan. Untuk itu masyarakat mengharapkan penertiban galian C yang dampaknya sangat merugikan masyarakat petani dan dapat merusak lingkungan.
  4. Sehubungan rencana pelebaran jalan, Mesjid Nurul Huda Jalan Gunung Bendahara Lingkungan XII kondisinya saat ini sudah melewati batas bangunan yang ditetapkan sehingga timbul permasalahan agar sekiranya bangunan Mesjid harus dimundurkan beberapa meter kebelakang. Namun masyarakat mengharapakan agar bangunan mesjid sebisa mungkin dipertahankan tanpa merubah bentuk aslinya.
  5. Masyarkat mengharapkan bantuan sosial untuk perbaikan rumah ibadah di Kelurahan Binjai Estate Lingkungan XII dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara kiranya dapat membantu perbaikan rumah-rumah ibadah di Kelurahan Binjai Estate Lingkungan XII.
  6. Masyarakat di Kelurahan Binjai Selatan mengeluhkan tentang maraknya peredaran narkoba yang sangat meresahkan, untuk itu masyarakat mengharapkan pihak kepolisisan dan instansi terkait lebih serius melakukan pemberantasan narkoba di Daerah tersebut.
  7. Masyarakat mengharapkan Pemerintah dapat menambah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), karena Sekolah SMK hanya satu-satunya diantara 7 Sekolah Menengah Atas (SMA).

Kecamatan Binjai Barat

  1. Masih banyak masyarakat yang belum memahami program pemerintah prosesnya seperti apa, misalnya program Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP) maupun proses BPJS. Data yang dikeluarkan sering tidak tepat, sementara warga yang benar-benar membutuhkannya tidak memperolehnya.
  2. Masyarakat mengharapkan bantuan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk menangani masalah banjir di kota Binjai khususnya di daerah jalan pahlawan, antara lain dengan pembuatan DAM, Pelindung Tebing Sungai dan perbaikan saluran drainase.
  3. Maraknya peredaran narkoba sudah sangat mengkhawatirkan para orang tua. Untuk itu diharapkan kepada aparat penegak hukum untuk lebih aktif dalam melakukan pengawasan penyebarluasan narkoba melalui patroli-patroli intensif.
  4. Masyarakat mohon untuk pembangunan madrasah di Lingkungan III Bandar Salembah. Lahannya sudah tersedia, namun biaya untuk pembangunannya belum ada.
  5. Mohon bantuan honor / uang transport untuk guru-guru mengaji malam hari.
  6. Masyarakat mempertanyakan bantuan Program Jaminan Persalinan (Jampersal) bagi masyarakat kurang mampu yang dulu pernah ada, namun sekarang sudah dihapuskan. Sedangkan program BPJS sebagai penggantinya yang diharapkan dapat membantu masyarakat miskin dipandang masih memberatkan masyarakat.
  7. Masyarakat meminta agar dilakukan foging / penyemprotan untuk pemberantasan nyamuk, karena sudah lama tidak dilakukan di Kelurahan Sukaramai untuk menghindari penyakit Demam Berdarah.
  8. Masyarakat menyampaikan bahwa di Jalan Nenas I paritnya hanya 1, sehingga jika hujan selalu banjir. Untuk ini mereka meminta agar dibuat parit lagi untuk menghindari banjir bila hujan. Selain dari pad itu agar Pemerintah Kota Binjai melakukan penataan terhadap parit primer dan parit sekunder untuk menghindari banjir.
  9. Terkait dengan Bantuan Langsung Kepada Siswa Miskin, masyarakat menyampaikan bahwa mengapa ada siswa miskin yang dulunya dapat sekarang tidak dapat lagi, begitu juga sebaliknya. Bagaimana pemerintah dalam melakukan pendataan terhadap penerima bantuan langsung siswa miskin. Diharapkan pemerintah dalam melakukan pendataan dapat benar-benar tepat sasaran.
  10. Terkait dengan masalah narkoba, agar pemerintah benar-benar melakukan upaya dan memberikan solusi terbaik. Jangan sampai genarasi muda sebagai penerus bangsa terjerumus bahaya narkoba. Untuk hal ini agar pemerintah dapat terus meningkatkan biaya/anggaran untuk melakukan pembinaan keremajaan melalui remaja mesjid/gereja dan sebagainya.
  11. Masyarakat menyampaikan dalam bidang pendidikan, terkait dengan pelaksanaan Ujian Nasional, agar Pemerintah dapat mengedepankan kualitas siswa/i daripada kuantitas.
  12. Mohon kepada Pemerintah perbaikan drainase di Simpang Pasar I Desa Stabat Lama Kec. Wampu apabila hujan sering banjir.
  13. Masyarakat Desa Sumber Mulio meminta kepada Pemerintah agar membuat tembok penahan tanah (Bronjong) dengan ukuran + 5 Km sehingga daerah tersebut mengalami banjir selama 3 bulan lamanya apabila hujan lebat.
  14. Menertibkan Perusahaan-perusahaan penghasil limbah yang membuang sisa usahanya ke sungai sehingga menghasilkan pencemaran terhadap lingkungan dan penyemprotan rumput-rumput sehingga ternak warga bermatian.
  15. Memohon kepada Pemerintah memperhatikan para Pensiunan Perkebunan (PTPN II) yang sudah di luar batas yang haknya teraniaya, hak yang belum diterima (pensiun) tetapi telah diusir dari rumah mereka sebanyak 840 orang.
To Top