Berita

Pariwisata Langkat Bisa Maju Jika Dikelola dengan Adil dan Profesional

BANGFAUZI.COM – Kabupaten Langkat merupakan negeri bertuah yang memiliki potensi pariwisata yang cukup menjanjikan dan sudah dikenal hingga ke mancanegara. Jika dikelola dengan kepemimpinan yang adil dan profesional, kabupaten ini pasti bisa maju.

Demikian diungkapkan Muhri Fauzi Hafiz anggota DPRD Sumatera Utara dari Fraksi Demokrat, Selasa (19/1/2017) di Medan.

“Kita berharap dalam usianya yang sudah lebih tua ini, pemerintah daerah melalui bupati, harus mampu merubah wajah ekonomi kabupaten langkat menjadi lebih baik. Dua destinasi wisata yang sudah terkenal ke dunia seperti Bukit Lawang dan Tangkahan, semestinya terus-menerus menjadi perhatian pemerintah daerah,” ujarnya.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan pariwisata di Kabupaten Langkat. Menurut Fauzi kebijakan yang strategis juga bisa digunakan untuk mendapatkan perhatian pemerintah pusat agar menambah dana pembangunan kawasan pariwisata di Langkat bisa menjadi lebih besar.

“Seperti bantuan pembangunan infrastruktur jalan, pengembangan ekonomi kreatif kawan wisata dan sekitarnya juga promosi daerah dan kebudayaan lokal yang dimiliki,” uarainya.

Dia mengatakan di DPRD Sumut berulangkali tanpa bosan dirinya terus menerus menyampaikan aspirasi ini kepada pemerintah Provinsi melalui Gubernur.

“Seperti pengembangan kawasan wisata Bukit Lawang dan sekitarnya agar jalan menuju ke lokasi bagus dan lancar. Pembangunan daerah ekonomi kreatif disekitar kecamatan bahorok/pekan bahorok. Juga membuka akses wisata lainnya yang ada disekitar bukit lawang seperti batu katak dan suangai bahorok,” katanya.

Sementara itu Plt Gubsu Tengku Erry Nuardi mengatakan Kabupaten Langkat memiliki potensi wisata terkenal hingga mancanegara. Objek wisata Bukit Lawang dan habitar orangutan serta pusat konservasi gajah harus mampu dilestarikan.

“Langkat memiliki destinasi wisata bertaraf internasional. Orangutan sebagai hewan langka dilindungi dan pusat konservasi gajah. Dua kawasan ini harus bisa menjadi daya tarik wisatawan mancanegara untuk datang ke Langkat,” kata Erry saat menghadiri HUT Kabupaten Langkat, kemarin.

Erry berharap, Pemkab Langkat dapat mengembangkan dua potensi wisata tersebut secara konprehensif lagi dalam upaya mendorong tingkat kunjungan wisatawan ke Sumut.

“Tetapi tetap mengedepankan prinsif-prinsif konservasi. Tetap menjaga kelestarian habitat demi keberlangsungan hidup orangutan dan gajah Sumatra,” ucap Erry.

Selain potensi wisata, Langkat kini menjadi salah satu kabupaten penyumbang energy listrik di Sumut dengan beroperasinya Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Pangkalan Susu dengan daya 2 x 200 Megawatt.

PLTU ini sangat membantu Sumut memperoleh daya listrik. Pemadaman yang selama ini sering terjadi, kini berangsur membaik. Meski tidak jarang pemadam listrik masih terjadi akibat faktor teknis ataupun akibat kerusakan.

“Tidak berlebihan jika saat ini Langkat sebagai pusat energi Sumut,” jelas Erry.

Selain itu, kata Erry, Langkat juga kaya akan potensi pertanian dan perkebunan. Kedua potensi tersebut memberikan sumbangan pendapatan bagi Pemkab Langkat. Semua potensi yang dimiliki tentunya harus didukung ketersediaan infrastruktur yang memadai.

Pemkab Langkat juga harus bersinergi dengan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat dalam mendorong laju pembangunan, baik fisik maupun nonfisik seperti pendidikan dan keagamaan. Begitu juga dengan peningkatan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat.

“Kabupaten Langkat berbatas dengan Aceh. Tentu membutuhkan sinergitas dalam menjaga keamanan antara masyarakat dengan aparat keamanan. Faktor keamanan merupakan salah satu syarat utama dalam mendorong pembangunan infrastruktur,” kata Erry.

To Top