Berita

Pemerintah Kazakhstan Segera Terbitkan Sukuk Perdana

ASTANA – Parlemen Kazakhstan sudah menyetujui peraturan untuk memfasilitasi keuangan Islam, termasuk rencana penerbitan sukuk negara perdana Kazakhstan tahun depan. Amandemen aturan ini tinggal menunggu penandatanganan Presiden Kazakhstan, Nursultan Nazarbayev.

Penasihat Kementerian Investasi dan Pembangunan Kazakhstan Yerlan Baidaulet mengatakan, dalam peraturan itu bank konvensional boleh melakukan konversi menjadi bank Islam.

”Kami harap sukuk pemerintah akan terbit di awal musim semi tahun depan. Mungkin Maret, tergantung Kementerian Keuangan yang punya wewenang atas anggaran negara,” kata Baidaulet seperti dikutip Reuters, Senin (16/11).

Amandemen peraturan jasa perbankan dan sekuritas jadi langkah akhir yang diambil negara ekonomi terbesar Asia Tengah ini untuk membantu pengembangan keuangan Islam. Pemerintah Kazakhstan dikabarkan juga akan membuat pusat keuangan Islam di Astana.

Bank Nasional Kazakhstan berencana menjual sukuk senilai satu miliar dolar AS tahun depan sebagai bagian program sukuk tiga miliar dolar AS. Negeri kaya minyak bumi ini tahun lalu berhasil menjual obligasi (surat utang) senilai 2,5 miliar dolar AS.

Anjloknya harga minyak menghantam ekonomi Kazakhstan dan melemahkan mata uang mereka, tenge, terhadap mata uang dua rekan dagang mereka, rubel Rusia dan yuan Cina.

To Top