Berita

Tiga Siswa Matauli Raih Prestasi Masuk Lomba OSN

Tiga siswa SMA 1 Matauli, Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), meraih tiket untuk mewakili Sumut pada lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat nasional tahun 2015. Lomba ini akan digelar di Yogyakarta tanggal 18 sampai 24 Mei 2015 ini.

Ketiga siswa tersebut Syanindita C Pradiptaningrum, Kelas X IPS 2 akan mengikuti OSN bidang ekonomi, Mony Firsta Bella Sigiro kelas XI IPA 2, mewakili Sumut mengikuti OSN bidang ekonomi dan Satrio Sulaksono, siswa Kelas XI IPA 2 yang akan mengikuti OSN bidang Teknologi Ilmu Komputer (TIK).

Mereka bertiga, bersama dengan sejumlah perwakilian siswa-siswa dari kabupaten lain yang telah lolos passinggrade, akan bertanding ditingkat nasional dan membawa nama baik sekolah di kancah nasional.

“Siswa-siswa ini telah terpilih dari sekian ratus siswa untuk mewakili Provinsi Sumut di tingkat nasional. Mereka akan bertanding dengan perwakilan dari 33 provinsi se Indonesia untuk memperebutkan siapa yang terbaik,” kata Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Matauli, Murdianto S Pd MM kepada MedanBisnis di ruang kerjanya, Jumat (8/5).

Dikatakan Murdianto, sejak tahun 2014, sekolah yang dipimpinnya telah memperoleh kepercayaan untuk mewakili Provinsi Sumut untuk mengikuti OSN pada bidang ekonomi. Untuk tahun ini terasa spesial, karena mampu mewakili 3 bidang yang akan diperlombakan pada OSN tahun ini.

“Tahun lalu, SMAN 1 Plus Matauli telah mendapatkan kepercayaan mewakili provinsi untuk bidang ekonomi 2 orang. Dan pada tahun ini, utusan OSN Sumut dari sekolah kita bertambah menjadi 3 orang. Ini adalah suatu prestasi menurut kami cukup luar biasa,” ungkapnya.

Prestasi yang diperoleh sekolah kebanggaan Tapteng ini, lanjutnya, tidak terlepas dari dukungan yang diberikan Pemkab Tapteng, melalui Dinas Pendidikan dalam peningkatan prestasi sekolah.

“Prestasi ini tidak terlepas dari dukungan Plt Bupati Tapteng melalui Dinas Pendidikan yang selalu memberikan dukungan untuk peningkatan prestasi di SMA Negeri 1 Matauli Pandan. Untuk itu, kami dari segenap civitas akademika SMAN 1 Matauli mengucapkan banyak terimakasih,” katanya.

Guru Pembina OSN Ekonomi, Diyah Kusnaeni menjelaskan, menghadapi OSN kali ini, pihaknya telah memberikan pembekalan yang mendalam kepada para siswa.

Dirinya berharap, apa yang telah diperoleh siswanya selama pemusatan latihan dan pelajaran dari guru kelas menjadi bekal dalam mengikuti OSN tahun ini.

“Dalam mengikuti OSN ini, secara khusus para siswa telah diberikan tambahan materi sebagai pendalaman dan pengayaan, setelah itu mereka mengeksplore dan menjawab soal-soal yang kita berikan. Hasilnya, kita sangat yakin ketiga siswa kita ini mampu memberikan yang terbaik pada lomba nanti,” imbuhnya.

Sementara salah seorang siswa yang berkesempatan diwawancarai, Mony berasal dari Siantar ini menyatakan, menjadi peserta OSN mewakili Sumut menjadi kebanggaan tersendiri baginya.

“Saya mohon doa dari semua guru dan kawan-kawan, agar kami dapat membawa prestasi minimal seperti yang diraih tahun sebelumnya, yakni pernah meraih juara 2 nasional. Pastinya mengikuti OSN tingkat nasional, apalagi mewakili Sumut tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi saya dan juga keluarga,” katanya.

To Top