Berita

Buntu Pungut Pajak APU Inalum, Pemprovsu Minta Bantuan Kemendagri

PEMERINTAH Provinsi Sumut meminta bantuan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Dirjen Anggaran untuk memediasi persoalan penghitungan pajak Air Permukaan Umum (APU) PT Inalum (Persero).

Kepala Bidang APU Dinas Pendapatan Sumut Rita Mestika saat dihubungi, Jumat (6/2/2015), mengatakan, Inalum belum sepakat dengan perhitungan Pemprov Sumut yang mewajibkan perusahaan plat merah itu membayar pajak APU sebesar Rp42 miliar per bulan. Ternyata, katanya, Inalum merasa tidak pantas dipungut sedemikian besar karena air yang mereka pakai adalah untuk pembangkit listrik yang dijual ke PT PLN.

“Mereka minta hitungannya berdasarkan tarif PLN semua. Padahal beda. Listrik mereka selain untuk ke PLN kan juga untuk industri. jadi perhitungannya beda,” katanya.

Menurut Rita, Inalum semestinya mengikuti Perda dan Pergub Sumut tentang perhitungan Pajak APU. Tidak bisa juga perhitungan seperti annual fee masa lalu. Karena aturannya sudah berakhir,” nya.

Kondisi saat ini, jelasnya, Pemprov Sumut meminta bantuan Dirjen Anggaran Kemendagri untuk memediasi. “Dalam minggu ini akan turun tim Kemendagri untuk melanjutkan mediasi,” katanya.

Sumber: Tribun-Medan.com

To Top